Pedampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kekinian dalam Menunjang Proses Pengajaran yang Menyenangkan

Yudha Adi Kusuma, Alim Citra Aria Bima

Abstract


The role of learning media is very important in supporting teaching in the classroom. Conventional teaching often needs to be balanced with interludes of learning media as support. The condition that occurs at SDN Ngampel 01 is that it is still rare to use learning media as a teaching support capability. The service activities carried out support teachers in the use of learning media, applications for making learning media in service activities using PowerPoint. During the service activities, everything went smoothly, and teacher knowledge increased. The N Gain test results show an average value greater than 0.7. The high score of N Gain shows that service activities have an impact on changing the skills and creativity of teachers in making media. Improving the ability of teachers is expected to encourage and facilitate students' grasp of the material taught so that fun learning arises in the classroom.

 

Keywords : Learning Media, Teachers, Students

 

Peran media belajar sangat penting dalam mendukung pengajaran di dalam kelas. Pengajaran secara konvensional sering kali perlu diimbangi dengan selingan media belajar sebagai pendukung. Kondisi yang terjadi di SDN Ngampel 01 adalah masih jarang pengunaan media belajar sebagai daya dukung pengajaran. Kegiatan pengabdian yang dilakukan mendukung guru dalam penggunaan media belajar, Aplikasi pembuatan media belajar pada kegiatan pengabdian menggunakan PowerPoint. Selama kegiatan pengabdian berlangsung berjalan lancar dan terjadi peningkatan pengetahuan guru. Hasil pengujian dengan N Gain menunjukkan nilai rata-rata lebih dari 0,7. Tingginya skor N Gain menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memberikan dampak terhadap perubahan skill dan kreativitas guru dalam pembuatan media. Peningkatan kemampuan guru diharapkan dapat mendorong dan memudahkan daya tangkap siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga timbul pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Guru, Siswa


References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35.

Agusalim, Akbar, A., Kamarudin, Ali, A. M., Yurfiah, & Asril. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 1 Kapoa Buton Selatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada …, 5(2), 94–102.

Ahmadi, A. (2010). Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta.

Hasanah, Y. M., & Jabar, C. S. A. (2017). Evaluasi Program Wajib Belajar 12 Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 228.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Profil Kelompok Peternak Sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Hasil Penjualan Olahan Susu Sapi. SENDIKO : Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer, 1, 26–32.

Kusuma, Y. A., & Fandidarma, B. (2022). Pendampingan Pembuatan Mikrohidro sebagai Alternatif Penerangan Jalan Desa Kresek Kabupaten Madiun. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46–53.

Kusuma, Y. A., & Sudarni, D. H. A. (2022a). Pengenalan Jenis Botol Plastik Berdasarkan Peruntukannya dalam Aktivitas Keseharian. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 215–222.

Kusuma, Y. A., & Sudarni, D. H. A. (2022b). Pengenalan Pengolahan Sampah Botol Plastik Sebagai Bahan Baku Energi Alternatif. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 149–154.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible ‘“Hidden Variable”’ in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 (Tinjauan Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 123–144.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Sholihah, H., & Istiqomah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru di SDN 1 Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP), 1(1), 7–12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis dan R & D. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.

Umar. (2016). Studi Teknologi PAI dari Sejarah Islam Hingga Era Modern (Tinjauan Historis Pemanfaatan, Agenda Aksi dan Perubahan Pendidikan). Al-Qalam : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(1), 108–123.




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v4i1.1033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.