Penyuluhan Imunisasi Dasar Lengkap di Kampung Sendang Asih Kabupaten Lampung Tengah

Dewi Listyorini, Sri Suryani

Abstract


Imunisasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengendalikan dan memberantas penyakit menular yang dapat mengakibatkan kematian. Faktanya, masih banyak masyarakat Kampung Sendang Agung yang belum mengerti tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap untuk bayi dan balita. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita di Kampung Sendang Agung. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan Tanya jawab. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Posyandu Kampung Sendang Agung pada bulan Maret 2024. Pelaksanaan penyuluhan ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari ibu balita, kader dan bidan desa Puskesmas Sendang Agung. Peserta antusias saat mengikuti penyuluhan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya saat sesi tanya jawab. Hasil penyuluhan atau sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat Kampung Sendang Agung tentang manfaat imunisasi dasar lengkap bagi bayi dan balita. Penyuluhan ini berdampak positif untuk para peserta khususnya bagi yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap untuk segera membawa bayi dan balitanya ke posyandu atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mendaptkan imunisasi. Diharapkan setelah dilakukan penyuluhan ini masyarakat lebih aktif dalam menggalakkan pentingnya imunisasi dasar lengkap sehingga semua bayi dan balita bisa mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

References


Darmin, Rumaf, F., Ningsih, S. R., Mongilong, R., Goma, M. A. D., & Anggaria, A. Della. (2023). Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi dan Balita. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mapalus, 1(2), 15–21.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017, Pub. L. No. Nomor 12 Tahun 2017 (2017).

Kemenkes. (2022). Komunikasi Nasional Strategi Imunisasi 2022-2025. In Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. (2023). Mengapa Perlu Imunisasi. https://ayosehat.kemkes.go.id/mengapa-perlu-imunisasi

Kemenkes RI. (2023). Buku Panduan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2023. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemkes. (2022). Pentingnya Imunisasi Bagi Anak. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1331/pentingnya-imunisasi-bagi-anak

Riskesdes kemenkes RI, 2018. (2018). Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 674).




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v5i1.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.