Upaya Pencegahan Stunting Melalui Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Seimbang Dan Demo Masak Di Dusun Sukajaya 1 Desa Kurungan Nyawa Kec. Gedong Tataan Kab. Pesawaran Tahun 2024

Radella Hervidea

Abstract


Stunting merupakan salah satu permasalahan gizi yang belum teratasi dan dapat membawa dampak kurang baik bagi kehidupan anak. Masalah stunting dipengaruhi oleh beberapa factor salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan ibu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu balita dan ibu hamil tentang pentingnya gizi seimbang pada balita untuk mencegah stunting. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan Kesehatan dengan media poster dan juga demo masak. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Sukajaya 1 Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran pada hari Sabtu 9 Maret 2024. Berdasarkan hasil pretest dan posttest  terlihat adanya perubahan proporsi dari kelompok kurang, cukup dan baik. Pengetahuan yang baik dapat menjadi salah satu factor yang penting dalam terjadinya perubahan peerilaku. Hasil ini menunjukkan peningkatan pengetahuan ibu mengenai gizi seimbang pada balita menjadi salah satu cara yang baik dalam pencegahan dan pengendalian masalah stunting

References


Beal, T., Tumilowicz, A., Sutrisna, A., Izwardy, D., and Neufeld, L.M. 2018. A review of child stunting determinants in Indonesia. Wiley Maternal & Child Nutrition. 14(4): 1-10.

Eralsyah, Nabil Sultoni. 2023. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. [Skripsi].

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Situasi Stunting di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes. 2020. TKPI Tabel Komposisi Pangan Indonesia. Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia Dalam Angka. Jakarta: Kemenkes RI.

Sutarto, Mayasari, D., dan Indriyani, R. 2018. Stunting, Faktor Resiko dan Pencegahannya. J Agromedicine. 5(1): 540-5




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v5i1.1529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.