Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19

Dian Sulistyaningrum, Rosyid Ridlo Al Hakim

Abstract


Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan salah satunya kegiatan KKN Tematik Covid-19. Program Kerja KKN Tematik Covid-19 salah satunya di bidang pendidikan yaitu pendampingan pembelajaran melalui teknologi informasi. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Mei s.d. Juni 2020 di Kelurahan Sokanegara Kabupaten Banyumas secara daring, dan Agustus s.d. September 2020 di Desa Wonotopo dan Desa Sumbersari Kabupaten Purworejo secara daring dan tatap muka. Metode pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan populasi siswa SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/sederajat, dan mengabaikan jenis kelamin, kelas, serta asal sekolah. Hasil yang diperolah yakni sebanyak 7 dari 10 siswa menyatakan pembelajaran menggunakan teknologi informasi yang dilaksanakan selama 2-3 jam per harinya di Desa Wonotopo maupun di Kelurahan Sokanegara yakni kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di Desa Sumbersari. Ketujuh siswa tersebut merasa kurang memahami sepenuhnya materi yang disampaikan melalui fasilitas teknologi informasi, sesekali siswa dijelaskan melalui telepon langsung, dan hasilnya tetap kurang memuaskan. Evaluasi metode pembelajaran melalui teknologi informasi perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi informasi selama pandemi Covid-19.


References


Al Hakim, R. R. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7–13. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.125

Al Hakim, R. R., Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease : Cases Study of Banyumas Regency. Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 565. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49

Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 22–27.

Budastra, I. K. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Covid-19 Dan Program Potensial Untuk Penanganannya : Studi Kasus Di Kabupaten Lombok Barat Socio-Economic Impacts of Covid-19 and Potential Programs for Mitigation : a Case Study in Lombok Barat District. Jurnal Agrimansion, 20(1), 48–57.

Dulkiah, M., Nurmawan, N., Rohmana, J. A., & Rahman, A. S. (2020). Adaptasi Mahasiswa Dalam Penggunaan Media on Line Sebagai Dampak Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gudung Djati, 1(1), 1–10.

Endailalu, T. B., & Hadgu, F. W. (2020). Trends of SARS-CoV-2 infection worldwide: Role of population density, age structure, and climate on transmission and case fatality. MedRxiv, 2020.05.20.20104257. https://doi.org/10.1101/2020.05.20.20104257

Haushofer, J., Jessica, C., Metcalf, E., Björkegren, D., Chandrasekhar, A., De Quidt, J., Grenfell, B., Hussam, R., & Jayachandran, S. (2020). Combining behavioral economics and infectious disease epidemiology to mitigate the COVID-19 outbreak *. Princeton University, March 6, 1–10.

Kemkes RI. (2020). Tanpa Gejala Usia Muda Bisa Menjadi Sumber Penularan Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/article/view/20032200001/tanpa-gejala-usia-muda-bisa-menjadi-sumber-penularan-covid-19.html

Lipsitch, M., Swerdlow, D. L., & Finelli, L. (2020). Defining the Epidemiology of Covid-19 — Studies Needed. New England Journal of Medicine, NEJMp2002125. https://doi.org/10.1056/NEJMp2002125

Prasetyo, S. D., & Suherlan, Y. (2020). KKN UNS Era Covid-19 di Rt 03 Rw 07 Desa Panjer Kecamatan Kebumen. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11.

Setyawan, I. (2010). Peran Kemampuan Empati Pada Efikasi Diri Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata PPM POSDAYA. Proceeding Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis – Himpsi, 296–300.

Sulaeman, & Supriadi. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases-19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 12–17. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jpu




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v1i02.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.