Upaya Pencegahan Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Kedaung Kelurahan Campang Raya Kota Bandar Lampung

aswan jhonet

Abstract


Lanjut usia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas, berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Menurut Pusat Data dan Informasi, Kemenkes RI, 2016 terdapat 22,6 juta jiwa penduduk lanjut usia di Indonesia dari 255,5 juta jiwa populasi penduduk. Penyakit terbanyak pada usia lanjut berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 adalah hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang hampir diderita sekitar25% penduduk dunia dewasa (Adrogué &Madias, 2007). Hipertensi merupakan suatu penyebab utama motalitas dan morbiditas diIndonesia. Pada sepuluh kasus penyakit terbanyak di bulan September tahun 2020 sampai November 2020 Puskesmas Campang Raya Kota Bandar Lampung, hipertensi menempati posisi pertama pasien kunjungan berobat ke puskesmas. Peningkatan kesadaran masyarakat tertadap hipertensi dan modifkasi pola hidup sesuai anjuran dapat mencegah hipertensi dan berhasil menurunkan kematian akibat hipertensi dan penyakit kardiovaskuler.


References


Amran Y, Satriani S, Nadimin, Fadliyah F. 2010. Pengaruh Tambahan Asupan Kalium Dari Diet

Terhadap Penurunan Hipertensi Sistolik dan Diatolik Tingkat Sedang Pada Lanjut Usia. Artikel Penelitian: Universitas Islam Negeri Syarif Hasanuddin Jakarta.

Hermawan, N. S. A., & Novariana, N. (2018). Terapi Herbal Sari Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Laporan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) indonesia tahun 2013.Jakarta: Balitbangkes Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pharmaceutical Care untuk Penyakit Hipertensi. Jakarta : Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan .

Kementerian Kesehatan RI, 2014. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v2i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.