Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Tentang Pemeriksaan Sadari Pada Remaja Putri Di Smk Al Mujtama' Pegantenan Pamekasan

Qurratul A'yun

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Tentang Pemeriksaan SADARI Pada Remaja Putri Di SMK Al Mujtama' Pegantenan Pamekasan. Mahasiswa dijelaskan tentang kesehatan reproduksi pada payudara, pentingnya melakukan perawatan payudara serta pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI, sehingga mahasiswa mengetahui bentuk payudara normal, menyadari ada tidaknya perubahan pada payudara, dan agar perubahan apapun dapat segara dikonsultasikan dan tidak terlambat ditangani. Dengan deteksi dini payudara, banyak wanita berhasil selamat dari kanker payudara. Keberhasilan kegiatan ini diukur dengan menggunakan pendekatan proses melalui metode wawancara setelah kegiatan berlangsung. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa memahami cara melakukan pemeriksaan Payudara sendiri (SADARI). Mahasiswa mulai antusias untuk mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang pemeriksaan payudara sendiri untuk menjaga kesehatan reproduksi. Hubungan yang saling mempengaruhi antara perilaku/kebiasaan diri dengan status kesehatan reproduksi tentang pemeriksaan SADARI.


References


A.F., F. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan SADARI Terhadap Sikap Remaja Putri Dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri Di SMAN 1 Ngaglik Yogyakarta. Jurnal Nursing Studies, 93-100.

D.N, P. (2015, Agustus 18). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku SADARI. Skripsi.

R, R. (2015, Agustus 9). Hubungan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Tindakan SADARI Pada Mahasiswa Semster II DIV Kebidanan STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi.

S, H. (2015). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Cara Melakukan SADARI. Jurnal Nursing Studies, 93-100.

Sari, E. (2016). Motivasi Mahasiswi Keperawatan dalam Pameriksaan Payudara Sendiri Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara. Jurnal Ilmu Keperawatan.




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v2i1.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.