Edukasi Pemilihan Jurusan Kuliah Melalui Metode Pemetaan Bakat

Adhi Nurhartanto

Abstract


Survei menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang merasa salah dalam memilih jurusan kuliah mencapai 87%.  Hasil identifikasi menunjukkan bahwa hal itu terjadi karena kurangnya motivasi dalam menempuh Pendidikan.  Sayangnya penumbuhan motivasi tidak mudah untuk dilakukan.  Bertolak dari problem tersebut, para pengamat Pendidikan mengusulkan salah satu cara dengan metode pemetaan bakat yang melihat sifat unik yang dimiliki manusia baik sifat unggul maupun sifat yang menjadi kelemahannya yang kemudian dikenal dengan nama bakat.  Melalui perjalanan hidup, kemudian manusia akan menemukan minat yang sesuai dengan bakat-bakatnya.  Apabila berjalan dengan baik, manusia yang memiliki minat dan bakat akan memiliki motivasi yang merupakan daya tahannya dalam menjalani Pendidikan dan kehidupan.  Pemetaan bakat merupakan sebuah upaya untuk mengevaluasi minat dan bakat yang sejatinya sudah dimiliki dalam diri sejak lahir tetapi menjadi bias dalam perjalanan hidup seseorang.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyosialisasikan pentingnya minat dan bakat dalam menajalani Pendidikan dan karir, bagaimana cara mengetahui minat dan bakat yang telah menjadi bias dan memanfaatkannya untuk menumbuhkan motivasi dalam menempuh Pendidikan dan karir di masa depan.  Dengan bekal ini, diharapkan peserta pelatihan akan memiliki kebahagiaan dan daya tahan yang lebih dalam menjalani Pendidikan dan karirnya.  

 

Kata Kunci : pemetaan bakat, motivasi, sifat unik


References


Clifton, Donald, & Buckingham, Marcus. 2001. Now,Discover Your Strength. Canada: Gallup Press.

Dornyei, Zoltan & Ryan, Stephen. 2015. The Psychology of The Language Learner Revisited. New York: Routledge.

Royani, Rama. 2018. Talents Mapping. Depok: ToscaBook.

Santosa, Harry. 2018. Fitrah Based Education. Bekasi: Cahaya Mutiara Timur.

Sumardiono. 2014. Apa Itu Homeschooling: 35 Gagasan Pendidikan Berbasis Keluarga. Jakarta: PandaMedia.

Walker, Timothy. 2017. Mengajar Seperti Finlandia. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v2i1.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.