PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN DESA CIBODAS

hel mita mm

Abstract


Masalah yang membuat sistem pemasaran  pertanian  tidak efektif termasuk infrastruktur dan informasi pasar yang buruk, ukuran pertanian yang  relatif kecil, kurangnya pengetahuan di antara pemasar tentang penilaian dan pemrosesan, tingginya biaya transaksi kurangnya kebijakan pemasaran. Desa Cibodas merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Desa Cibodas memiliki sebagain besar penduduk bermata pencaharian sebagai  petani. Permasalahan yang dihadapi warga desa Cibodas berkaitan dengan  pemasaran. Lemahnya posisi tawar petani membuat harga yang diterima  petani lebih rendah, sehingga mempengaruhi pendapatan petani. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi petani, maka perlu untuk mengetahui sistem pemasaran hasil pertanian mulai dari pengadaan bahan baku (input) hingga pemasaran hasil pertanian. Selain itu, digital marketing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penyampaian informasi produk di bidang pertanian, mengatasi keterbatasan dalam pelaksanaan transaksi, perdagangan hasil pertanian  dan dapat menciptakan sistem penjualan yang lebih efisien dan efektif




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v3i1.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.