Pengaruh Posisi Pangsa Pasar Terhadap Volume Pelayanan Jasa Pada Perum Damri Stasiun Lampung

Yudiana Sari

Abstract


Abstract

Permasalahan yang diteliti pada Perum Damri Stasiun Lampung adalah ingin menganalisis pengaruh posisi pasar terhadap volume pelayanan jasa pada Perum Damri Stasiun Lampung karena ingin mengetahui strategi apa yang paling tepat untuk dijalankan Perum Damri Stasiun Lampung dalam kegiatannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dilakukan dengan mempelajari melalui buku-buku, karya ilmiah dan penunjang kepustakaan lainnya dan penelitian lapangan dilakukan dengan meneliti langsung pada Perum Damri Stasiun Lampung, melalui metode wawancara dan penyebaran kuesioner yang berkaitan dengan posisi pasar dan pengaruhnya terhadap volume pelayanan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pangsa pasar Perum Damri Stasiun Lampung untuk produk berada pada posisi bintang 36.09% (diatas 10%) dan pangsa pasar relatifnya adalah 1,4 kali (lebih dari 1 kali). Sedangkan perkiraan posisi pangsa pasar untuk 3 tahun yang akan datang tetap berada pada posisi bintang karena perkiraan laju pertumbuhan pasar untuk 3 tahun yang akan datang tetap berada diatas 10% yaitu sebesar 11,73% dan untuk perkiraan pangsa pasar relatif lebih dari 1 kali, secara rata-rata sebesar 1,2 kali. Strategi yang dapat dilakukan pada tahap pertumbuhan ini antara lain dalam hal strategi saluran distribusi dan perluasan segmen pasar. Serta analisis trend menunjukkan proyeksi penjualan Perum Damri Stasiun Lampung pada periode 3 tahun yang akan datang cenderung meningkat, terbukti dengan hasil perkiraan posisi pangsa pasar yang dianalisis Perum Damri Stasiun Lampung masih menduduki posisi teratas yaitu bintang (star).

 

Kata Kunci : Pangsa, Pasar, Volume, Pelayanan, Jasa

 

 

Abstrak

Permasalahan yang diteliti pada Perum Damri Stasiun Lampung adalah ingin menganalisis pengaruh posisi pasar terhadap volume pelayanan jasa pada Perum Damri Stasiun Lampung karena ingin mengetahui strategi apa yang paling tepat untuk dijalankan Perum Damri Stasiun Lampung dalam kegiatannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pangsa pasar Perum Damri Stasiun Lampung untuk produk berada pada posisi bintang 36.09% (diatas 10%) dan pangsa pasar relatifnya adalah 1,4 kali (lebih dari 1 kali). Sedangkan perkiraan posisi pangsa pasar untuk 3 tahun yang akan datang tetap berada pada posisi bintang karena perkiraan laju pertumbuhan pasar untuk 3 tahun yang akan datang tetap berada diatas 10% yaitu sebesar 11,73% dan untuk perkiraan pangsa pasar relatif lebih dari 1 kali, secara rata-rata sebesar 1,2 kali. Strategi yang dapat dilakukan pada tahap pertumbuhan ini antara lain dalam hal strategi saluran distribusi dan perluasan segmen pasar. Serta analisis trend menunjukkan proyeksi penjualan Perum Damri Stasiun Lampung pada periode 3 tahun yang akan datang cenderung meningkat, terbukti dengan hasil perkiraan posisi pangsa pasar yang dianalisis Perum Damri Stasiun Lampung masih menduduki posisi teratas yaitu bintang (star).

 

Kata Kunci : Pangsa, Pasar, Volume, Pelayanan, Jasa


Full Text:

PDF Untitled

References


Cravens, David W. 2000. Strategic Marketing. 6th Edition. Irwin McGraw-Hill, USA

Husein Umar. 2001. Strategic Management in Action. Penerbit PT. Gramedia

Pustaka Utama. Jakarta

Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran & Prilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta.

Iban Sofyan. 2006. Konsep dan Penerapan Manajemen Strategi.

Penerbit Lamda. Indongsia.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Millenium Alih Bahasa

Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benyamin Molan. Penerbit Prenhalindo,

Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1.

Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran jilid 2. Edisi kesebelas Alih Bahasa.

Benyamin Melon. Penerbit Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan

Pengendalian. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan A.B. Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia.

Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Supranto, Johanes. 2000. Statistik Teori Dan Aplikasi. Jilid 1. Edisi kelima.

Penerbit Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v4i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.