Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Informasi Pengendalian Internal

lailatul Qodri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan informasi pengendalian internal. Mekanisme tata kelola perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional, proporsi komisaris independen, kualitas auditor eksternal, dan komite audit. Penelitian ini juga menggunakan beberapa karakteristik perusahaan yang diperkirakan berpengaruh terhadap pengungkapan informasi pengendalian internal sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Papan Utama Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan pemilihan sampel, diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kepemilikan, kualitas auditor eksternal dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan informasi pengendalian internal. Kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan informasi pengendalian internal. Proporsi komisaris independen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan informasi pengendalian internal.


Full Text:

PDF

References


Agyei-Mensah, Ben Kwame. 2016. Internal control information disclosure and corporate governance: evidence from an emerging market. “Corporate Governance”, Vol. 16, No. 1.

Buaillaiy, AI., Haimdain, AI., & Zureigait, Q. (2017). Corporaite Governaince aind Firm Performaince: Evidence From Saiudi AIraibiai. AIustrailaisiain AIccounting, Business aind Finaince Journail, 11(1), 78–98.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS23, Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Jayanti, P. D. W. I. (2015). Pt . Kereta Api Indonesia ( Persero ) Daerah Operasi VIII Surabaya Menerapkan Prinsip GCG. 4(8), 1–18.

Manossoh, Hendrik. 2016. Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan. Norlive Kharisma Indonesia.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Titania, H., & Taqwa, S. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA), 5 (3), 1224-1238.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v5i1.1527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.