PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR)TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA)PADA SALAH SATU PD. BPR DI BANDUNG

Riffka Fauzany, Nur Azizah, Dematria Pringgabayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Salah satu PD.BPR Di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan sumber data dari laporan keuangan diantaranya Catatan Laporan Keuangan dan Laporan Laba Rugi periode Januari sampai Desember tahun 2018. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, dananalisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, mengetahui  pengaruh Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) menyatakan data terdistribusi normal, keeratan hubungan 0,724 kategori kuat, arah pengaruh positif. Loan To Deposit Ratio (LDR) mempengaruhi Return On Assets (ROA) sebesar 52,41%dan sisanya 47,59% dipengaruhi oleh variabel lain. Permasalahan yang dihadapi PD. BPR adalahproduk di PD.BPR kurang diperhatikan perkembangannya oleh perusahaan. Kurangnya sikap tegas dalam menghadapi nasabah yang sering terlambat dalam membayar kredit. Adapun saran yang disampaikan untuk meningkatkan penghasilan di PD. BPR adalah pihak bank harus bisa mengembangkan produk-produk dalam hal penghimpunan dana dan penyaluran dana, dan pihak bank harus mempertegas prosedur yang telah ada ketika terdapat nasabah yang mengalami kemacetan dalam pembayaran.

 

Kata Kunci: Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA)


Full Text:

PDF PDF

References


Ambarawati, I. G. A. D., & Abundanti, N. 2018. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan To Deposit Ratio Terhadap Return On Asset”. Dalam E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(5).

Edo, D. S. R., & Wiagustini, N. L. P. 2014. “Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Loan To Deposit Ratio dan Return On Assets Pada Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia”. Dalam E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(11), 650-673.

Bambang, Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, Yogyakarta: BPFE

Gima, Sugiama. 2013. Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta.

Irham, Fahmi.2014. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: CV Alfabeta.

Kasmir. 2016. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Sudarmawanti, E., & Pramono, J. 2017. “Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM Dan LDR Terhadap ROA (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat di Salatiga yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2011-2015)” dalam Among Makarti, 10(19).

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 6/10/PBI/2004 tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Warsa, M. I. U. P., & Mustanda, I. K. (2016). “Pengaruh CAR, LDR dan NPL terhadap ROA pada sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia”. Dalam E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(5).




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v2i1.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.