Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa STIE Gentiaras Bandar Lampung

Theresia Dhian Kusumawati

Abstract


Pemenuhan kebutuhan pelanggan yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan menciptakan kepuasan bagi konsumen atau pelanggan yang mengkonsumsi barang atau jasa tersebut. Pemenuhan kebutuhan konsumen atau kepelanggan juga dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang notabenya sebagai lembaga jasa layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa sebagai pelanggan utama jasa pelayanan pendidikan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandar Lampung yang berperan dalam mencerdaskan anak bangsa dengan menyediakan jasa layanan pendidikan tinggi di Provinsi Lampung. Guna memenuhi kebutuhan dan harapan mahasiswa sebagai pelanggan internal, evaluasi pembelajaran sangat penting dilakukan oleh STIE Gentiaras sebagai penyedia jasa layanan pendidikan.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan sesuai sebaran sampel. Responden dalam penelitian ini adalah Mahaiswa aktif di STIE Gentiaras. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan quote sampling atau membatasi jumlah sampel sebesar 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analiysis. Berdasarkan hasil pemngukuran tingkat kepuasan mahasiswa STIE Gentiaras menggunakan metode CSI didapatkan hasil perhitungan sebesar 79,7% dimana masuk kedalam kategori puas. Berdasarkan hasil analisis IPA terdapat beberapa atribut yang perlu di prioritaskan dalam penyaluran jasa layanan pendidikan di STIE Gentiaras diantaranya : Pelayanan Akademik yang cermat, Ketepatan informasi terkait dengan layanan akademik (Proses penilaian dan penjadwalan perkuliahan), Keterjaminan calon lulusan perguruan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan pasca menempuh pendidikan tinggi.

Kata Kunci : Kepuasan, CSI, IPA


Full Text:

PDF PDF

References


Arief, M. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Malang: Bayumedia.

Boky, Yonas. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Jurnal Jaffray, 14(2), 269-290.

Irawan, H. 2003. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler Philip, dan Gary Amstrong 2012. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education.

Muin, Rahmawati. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. Jurnal ASSETS, 4 (1).

Nasution, MN. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parasuraman, A., Zeithaml V. A., dan Berry L.L. 1994. “Servqual: Alternative Scales for Measuring Service Quality? A Comparative Assessment Based on Psychometric and Diagnostic Criteria.” Journal of Retailing, Vol. 70, No. 1, hal. 193-199.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Siyamto, Yudi. 2017. Kualitas Pelayanan Bank dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol 03, No. 01 hal. 63-76.

Sumarwan, U. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar (Cet. III). Jakarta: Rineka Cipta.

Sutariah, Farliana. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Tim PEKERTI-AA. 2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran. Surakarta : UNS.

Tjiptono. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.

Udiutomo, P. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Program Smart Ekselensia Indonesia. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa. Edisi 1.

Widarti, Ari, I. A Eka Padmiari dan Ketuk Lilik Arwati. 2008. Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar di Jurusan Gizi POLTEKKES DEPKES Denpasar. Jurnal Skala Husada. Vol.5. No.2. 163 – 167.

Wijaya, Satria. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11-17.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v2i2.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.