Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Subsektor Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terdapat pada data nilai perusahaan pada subsektor tekstil dan garmen. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sampai dengan 31 Desember 2017-2019 dan perusahaan yang mempublikasikan laporan keuangan dan laporan tahunan yang lengkap sesuai data yang dibutuhkan peneliti per tanggal 31 Desember untuk periode 2017-2019. Metode pengolahan data (analisis) yang digunakan adalah metode regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada subsektor tekstil dan garmen.
Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, nilai perusahaan
Full Text:
PDFReferences
Agus, Martono. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia
Ayu, Putri. K, Made Sudarma, dan Bambang Purnomosidhi. 2015. “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris sebagai variabel pemoderasi” dalam Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 14 No.2. Januari Hal. 344-358.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Gujarati, Damodar N. dan Porter, Dawn C. 2013. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 1 (Basic Econometrics), diterjemahkan oleh Raden Carlos Mangunsong. Jakarta: Salemba Empat.
Latuppono, Siti Sapia & Andayani. 2015. “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai perusahaan: good governance variabel moderating”. Dalam Jurnal Ilmu & riset akuntansi Volume 4 No.8.Hal.1-15.
Mey, Hesty Lestari dan Fidiana. 2015. “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel moderating”. dalam Jurnal ilmu & Riset Akuntansi, Volume 4, No. 12, Hal.1-19
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta,
Sarwendah, Sulistyaningsih, Anita Wijayanti dan Endang Masitoh. 2017. Seminar Nasional IENACO, Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Hal.787-794.
www.idx.co.id
https://kemenperin.go.id/artikel/20666/Lampaui-18-Persen,-Industri-Tekstil-dan-Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi (diakses 08 Oktober 2020)
https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/DkqVBgQK-menjaga-kekuatan-ekspor-produk-tekstil-indonesia (diakses 08 Oktober 2020).
www.sahamok.com
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v2i2.690
Refbacks
- There are currently no refbacks.