PENGARUH E-COMMERCE, PENGETAHUANKEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA(Studi Kasus Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus UIN Raden Intan Lampung)
Abstract
Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of e-commerce, entrepreneurship knowledge and family environment on student interest in entrepreneurship in students who are boarding students at UIN Raden Intan Lampung campus.
This study used a sample of 64 respondents who were students who were boarding at the UIN Raden Intan Lampung campus as the object of research. The data collection method was carried out directly by using questionnaires and interviews with students who were boarding students at the UIN Raden Intan Lampung campus. While the analysis used to determine the effect of the independent variables e-commerce (X1), entrepreneurial knowledge (X2) and family environment (X3) on the dependent variable, namely entrepreneurial interest (Y) is multiple linear regression analysis, with the SPSS 20 program.
The results of this study indicate that by using a significance level of 0.05 due to the two-tailed test, 2.5% and n = 64, the t table = 2,00030 is obtained. While the t count for e-commerce seen from the data processing output is 4.391, for entrepreneurial knowledge of 5.620, and for the family environment of 4.246 (t count > t table) then based on this t test it is concluded that partially e-commerce, entrepreneurial knowledge, and the family environment has a significant effect on the interest in entrepreneurship among students who are boarding at the UIN Raden Intan Lampung campus.
With the F test, the significance level uses 0.05 (∂ = 5%) then the F table is 2.75. Meanwhile, based on the output of data processing, the calculated F is 63,307, because F arithmetic > from F table, it can be concluded that together there is a significant influence between the independent variables (e-commerce, entrepreneurial knowledge and family environment) on the dependent variable (entrepreneurial interest) in students who boarding house in the UIN Raden Intan Lampung campus.
Keywords:E-Commerce,Entrepreneurial Knowledge;Family Environment; Entrepreneurial Interest
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce, pengetahuan kewirausahaandan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha pada mahasiswa yang kos di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 64 orang responden yang merupakan mahasiswa yang kos di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampungsebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa yang kos di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas e-commerce(X1), pengetahuan kewirausahaan(X2)danlingkungan keluarga(X3)terhadap variabel terikat yaitu minat berwirausaha (Y) adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan n = 64 diperoleh t tabel sebesar = 2,00030. Sedangkan t hitung untuk e-commerce dilihat dari output olah data adalah 4,391, untuk pengetahuan kewirausahaansebesar5,620, dan untuk lingkungan keluarga sebesar 4,246 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan bahwa secara parsial e-commerce, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa yang kos di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.
Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (∂ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,75. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 63,307, karena F hitung > dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (e-commerce, pengetahuan kewirausahaandan lingkungan keluarga) terhadap variabel terikat (minat berwirausaha) pada mahasiswa yang kos di lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.
Kata kunci: E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan; Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha
Full Text:
PDFReferences
Achmad Syafii. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ahmad TriAtmaja, Margunani. 2016. Pengaruh Pendidikan entrepreneurship dan Aktivitas Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal 5, no. 3
Andika, Mandadan Iskandarsyah Madjid. 2012. Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala: Studi Pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Disampaikan pada Seminar Eco Entrepreneurship Seminar & Callfor Paper "Improving Performanceby Improving Environment" 2012 Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, 14-15 Maret 2012.
Ardiyani, Ni Putu Pebi & Kusuma, A.A.G. Agung Artha Kusuma. 2016. Pengaruh Sikap, Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen UNUD.Vol.5 No.8.
Buchari, Alma. 2013. Kewirausahaan. Bandung:Alfabeta.
Cahyono, Andi. 2010. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Program Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Tahun 2006-2009.
DedyTakdir,Mahmudin,danSudirmanZaid. 2015.Kewirausahaan.Yogyakarta:Wijana Mahadi Karya.
Dewi, A.P dan Mulyatiningsih E. 2013.Pengaruh Pengalaman Pendidikan Entrepreneurship dan Keterampilan Kejuruan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa.Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2): h: 231-240.
Fahmi, Reza & Amanda, Tri. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.2 No.1
Gallyn, Ditya M. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.Skripsi pada FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan.Jakarta: Erlangga.
Inayati, Firlian Erma. 2018. Pengaruh Pendidikan entrepreneurship, Sikap, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonoi Universitas Islam Indonesia yang Memiliki Usaha Pribadi). Skripsi UII Yogyakarta
IsmarliMuis,MisnawatyUsman,dkk.ModulKewirausahaanuntukMahasiswa.Makassar: Pusat Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar, 2015.
Lestari, R.B. dan Wijaya, T. 2012.Pengaruh Pendidikan entrepreneurship Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIEMUSI. Jurnal Ilmiah STIE MD, 1(2): h:112-119.
Mulyani, Endang. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan DasarDan Menengah.JurnalAkuntansi Vol4:4.Universitas Negeri Yogyakarta.
Priyatno, Duwi. 2016. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom
Putri, Niluh Wahyuni Widya. 2017. Pengaruh Pendidikan entrepreneurship Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol.9 No. 1.
Rahmadi, Afif Nur & Heryanto, Budi. 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri.Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri.
Rasli, Amran. M. et.al. 2013. Factors Affecting Entrepreneurial Intention Among Graduate Students of University Teknologi Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 4 (2), h:182-188.
Rifkhan.2017.Pengaruh Sikap, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntasi Universitas Pamulang. Skripsi.Universitas Pamulang.
Rosmiati, Rosmiati; Tegus Santosa, Junias; Munawar, Munawar. 2015. Sikap, Motivasi dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 17(1); h:21-30
Slameto.2010.Belajar DanFaktor-FaktorYangMempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta
Sugiono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfhabeta.
Taufik, Achmad; Azhad, M.Naely; & Hafidzi, Achmad Hasan.2018. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa.Jurnal Penelitian IPTEKS Vol.3 No.1
Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan(Konsep dan Strategi). Yogyakarta:PustakaPelajar
Wisnu,SeptianGP.2015. Pengaruh Pendidikan entrepreneurship, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan Siswa SMK Negeri1 Demak (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Yang, Jianfeng. 2013. The Theory of Planned Behavior and Prediction of Entrepreneurial Intention Among Chinese Undergraduates. Scientific Journal Publishers Ltd. 41(3): h.367-376.
Yanti,Putu Eka Desy, Imade Nuridja dan Iketut Dunia. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Vol 4:2. Universitas PendidikanGanesha.
Zimmerer, Thomas W. dan Norman M. Scarborough.2008. Kewirausahaan danManajemen Usaha Kecil. Jakarta: SalembaEmpat
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v3i1.818
Refbacks
- There are currently no refbacks.