Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung

Yudiana Sari

Abstract


Abstract

PT Tunas Dwipa Matra Honda has three product categories, namely the type of duck, the type of automatic, and the type of motor sport. In determining the price, PT Tunas Dwipa Matra throughout Indonesia has the same price in all regions based on the reference from the center of PT. Tunas Ridaen located in Jakarta. Promotions carried out by PT Tunas Dwipa Matra in marketing their products are advertising, namely by using television, direct sales of brochures, radio and banners, individual sales, individual sales activities using salespeople who directly communicate with consumers in order to create sales and product socialization. The problem to be investigated is knowing the influence of brand image on purchasing decisions for Honda motorcycles at PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung because of the decision to purchase a Honda motorcycle at PT. Dwipa Matra shoots in Bandar Lampung decreased. The method used is library research related to this research and field research is carried out by researching directly at PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung, which is related to Brand Image and its influence on purchasing decisions for Honda motorcycles. Product Image needs to be modified or in other words product development, for example motorcycle design, engine quality, and motorcycle prices because these variables have been shown to have a dominant influence on consumer purchasing decisions on Honda motorcycle products. PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung is advised to be able to create even better designs.

 

Keywords : Analysis, Cycle, Life, Marketing, Product, Strategy

 

 

Abstrak

PT Tunas Dwipa Matra Honda memiliki tiga kategori produk yaitu jenis bebek, jenis matic, dan jenis motor sport. Dalam menentukan harga PT Tunas Dwipa Matra di seluruh Indonesia memiliki harga yang sama di seluruh wilayah yang berpatokan pada acuan dari pusat PT. Tunas Ridaen yang berada di Jakarta. Promosi yang dilakukan oleh PT Tunas Dwipa Matra dalam memasarkan produknya adalah periklanan, yaitu dengan menggunakan televisi, penjualan langsung Brosur, Radio dan Banner, penjualan  perseorangan,  kegiatan penjualan perseorangan menggunakan pramuniaga tenaga penjual yang langsung berkomunikasi dengan konsumen dalam rangka menciptakan penjualan dan sosialisasi produk. Permasalahan yang ingin diteliti yaitu mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung karena keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung menurun. Metode digunakan yaitu penelitian kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini dan penelitian lapangan dilakukan dengan meneliti langsung pada PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung, yang berkaitan dengan Citra Merek dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Citra Produk (Product Image) perlu dimodifikasi atau dengan kata lain melakukan pengembangan produk, misalnya  desain sepeda motor, kualitas mesin, dan harga sepeda motor karena variabel ini terbukti mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Honda. PT. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung disarankan untuk lebih bisa menciptakan desain-desain yang baik lagi.

 

 

Kata Kunci : Analysis, Daur,Hidup, Pemasaran, Produk, Strategi


Full Text:

PDF PDF

References


Aaker, A. David. 2007. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa: Aris Ananda,

Spektrum Mitra Utama.Jakarta

Durianto, Darmadi dkk. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar. PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Engel, James F. Roger D. Blackwell & Paul W. Miniard. 2004. Perilaku Konsumen,

Jilid Satu. Terjemahan, Budianto. Binarupa Aksara. Jakarta

Gobe, Marc. 2002. Emotional Branding Paradigma Baru untuk Menghubungkan

Merek dengan Pelanggan. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler. Philip. 2000. Manajemen Pemasaran I: Analisis, Perencanaan, implementasi,

dan Pengendalian. Alih bahasa Hendra Teguh, Ronny Antonius Rush. Penerbit

Prenhallindo. Jakarta.

Lamb. Charles W. 2001. Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Ghahia Indonesia. Jakarta

Nitisemo, Alex. 2004. Marketing, Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta

Peter, J Paul & Olson, Jerry C. 2000. Consumer Behaviour. Jilidli. Erlangga. Jakarta.

Rahardjo, Dedy Tri, and Anton Eko Yulianto. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Setan Di Surabaya” dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) Vol 11.No.8. Agustus 2022. h. 1-16

Rangkuti, Freddy. 2002. The power of Brand. Cet. Kedua. PT. Gramedia Pustaka

Utama. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Penerbit Andi. Ydgyakarta.

Stanton, William, 2006. Prinsip Pemasaran. Jilid I. Erlangga

Sugiono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Umar, Husein, Drs, SE, MM. MBA. 1999. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v3i2.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.