STRATEGI PEMASARAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT KARANG ANYAR

Anita Pusspa Dewi

Abstract


Abstract

This study aims to determine the marketing strategy of people's business credit at Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. New Coral Unit. The cause of this decline in KUR realization is that there are still some customers who do not know the benefits of KUR so that customers refuse to borrow KUR. The root of the problem is the lack of promotion and there is a new product called SUPERMI in the BRI Karang Anyar Unit. The second problem is that there are still KUR borrowers who want to borrow KUR but do not meet the requirements to get a KUR loan. The causal factor is because they still have credit arrears at other banks. Analysis of research data using swot analysis. SWOT analysis of the KUR marketing strategy, BRI can make a more mature plan in marketing and distributing credit to the public. to remain consistent in providing business credit to the people

 

Keywords: KUR,SWOT

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kredit usaha rakyat pada bank rakyat indonesia (persero) Tbk. Unit Karang Anyar. penyebab penuurunan realisasi KUR ini terjadi masih ada yang beberapa orang nasabah yang belum mengetahui manfaat KUR sehingga para nasabah menolak untuk meminjam KUR. Akar masalahnya adalah karna kurang nya promosi dan ada nya prodak baru yang bernama SUPERMI yang ada pada BRI Unit Karang Anyar Masalah yang kedua adalah masih ada peminjam KUR yang ngin meminjam KUR tetapi tidak memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR. Faktor penyebab adalah karna mereka masih memiliki tunggakan kredit di Bank lain. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis swot. analisis SWOT terhadap strategi pemasaran KUR tersebut, pihak BRI dapat membuat perencanaan yang lebih matang dalam memasarkan dan menyalurkan kredit kepada masyarakat.Hal Tersebut karna pihak BRI dapat mengetahui kekutan, kelemahan, peluang, dan sesuatu yang menjadi ancaman bagi BRI yang nantinya dapat diatasi oleh BRI untuk tetap konsisten dalam memberikan kredit usaha kepada rakyat.

 

Kata Kunci : KUR, SWOT


Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Penerbit: Alfabeta, cetakan kelima.

Assauri. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. PT RajaGrafinfo Persada. Jakarta

Kotler, P. 1991. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi, dan Pengendalian terj. Jakarta: Universitas Indonesia.

Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Graha Ilmu.

Rangkuti, Fredy. ,1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suryana. 2006..Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat Patria.




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v3i2.891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.