Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Gaji Pegawai Pada Kodim 0411 Lampung Tengah Berbasis Web

Ulfa Fitriyani Yapan, Eva Itmaanna

Abstract


Suatu sistem adalah serangkain dua atau lebih komponen yang saling terkait dan berinteraksi untuk mencapai tujuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia data memiliki arti keterangan yang benar atau nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan), serta arti Pendataan merupakan Proses, Cara, Perbuatan, Pengumpulan Data dan Pencarian Data. Mendefinisikan “Pegawai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang bekerja pada pemerintahan (Perushaan dan Sebagainya). Pengertian “penggajian adalah sebuah bentuk pembayaran atau sebuah hak yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi kepada pegawai tetap”. Sistem penggajian yang sudah ada di KODIM 0411 Lampung Tengah sekarang masih menggunakan “Microsoft Office Excel” dengan menginputkan formula-formula pada tiap kolom dan barisnya, sehingga membuat ketidak efisienan dalam proses penggajian.

 

Kata Kunci : Sistem, Penggajian, Web.


Full Text:

PDF

References


A.S Rosa dan Shalahuddin.M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (edisi revisis). Bandung : Innformatika

Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.kata.web.id//pendataan diakses pada tanggal 04-05-19, pkl. 12.35

Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id//pegawai diakses pada tangal 04-05-19, pkl. 12.37

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akutansi. Bogor : Ghalia Indonesia

Pressman, Roger.S . 2015. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) : Andi Publisher.

Purnomo, R. F., & Yuniarthe, Y. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Suplier Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus: Toko Keripik Rona Jaya Bandar Lampung). Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 14(1), 87-93.

Handoko, D., & Purnomo, R. F. (2022). Analisis Pengolahan Pola Citra Background Pada Website Pemerintah Kabupaten Pringsewu. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 2(2), 18-27.

Handoko, D., Syarifuddin, A., & Febriyanti, E. (2022). Sistem Cerdas Penentuan Biji Kopi Robusta Terbaik Berbasis AHP Pada Industri Rumah Tangga JS Family Simpang Kanan Sumberejo Tanggamus, Lampung. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 38-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.