Implementasi Sistem Informasi Asrama Putri Berbasis Web (Study Kasus : Asrama Putri Cemara)

Dodi Afrinsyah, Aliy Hafiz

Abstract


Asrama Putri merupakan salah satu tempat penyedia jasa penginapan atau tempat tinggal sementara yang terdiri dari beberapa kamar dan setiap kamar memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan atau disediakan dan juga mempunyai harga yang telah ditentukan oleh pemilik asrama, sedangkan lama waktu penyewaan ditentukan sendiri oleh si penyewa kamar. Selama ini pencatatan pendapatan dan promosi asrama putri masih menggunakan sistem manual yaitu ditulis di buku, dan pemasarannya masih menggunakan papan di depan asrama. Sehingga sering terjadi kesalahan pencatatan dan laporan akhir bulan yang membutuhkan waktu yang lama. Selain itu jika seseorang hendak menyewa kamar harus bertanya atau telpon kepemilik asrama, tentu tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi asrama putri yang melakukan proses pencatatan pendapatan dan pemasaran asrama sehingga pencatatan keuangan dan laba dari usaha jasa penginapan bisa lebih maksimal. Pemasaran yang dilakukan melalui website sehingga seseorang yang akan mencari asrama dari daerah manapun bisa mengakses asrama putri untuk melihat kondisi kamar dan cek ketersediaan kamar.

 

Kata kunci: sistem informasi, internet, asrama putri


Full Text:

PDF

References


Agus, I., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan dan Penilaian Karyawan Warehouse dengan Aplikasi Web. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1).

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta

Amsyah, Zulkifli, 2005.Manajemen Sistem Informasi. Jakarta:PT Gramedia. Pustaka Utama

Didit, Gunawan, & Racmatullah, R. (2017). Sistem informasi sewa rumah kost dan rumah kontrakan berbasis web di surakarta. Jurnal Go Infotech, 22(1).

Dwi, Ratnasari,., Qur’ani, D. B., & Apriani, A. (2018). Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android. An International Journal on Information and Communication Technology, 3(1), 32-45.

Hilda. Dwi ,Yunita,. (2018). Sistem Informasi Rumah Kost.

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS, 6(1), 25-29.

Harison, H., & Syarif, A. (2016). Sistem Informasi Geografis Sarana Pada Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Teknoif, 4(2).

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simnasiptek 2017, 1(1), 175-183.

Jiely, Senewe, Sinsuw, A. A., & Tulenan, V. (2015). Sistem Informasi Berbasis Web Studi kasus Rusunawa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(5), 57-64.

Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi.

Handoko, D., Fitra, J., & Rodiyana, R. (2022). SISTEM INFORMASI E–LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 KOTA BUMI BERBASIS WEB. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 2(1), 26-32.

Handoko, D., & Purnomo, R. F. (2022). Analisis Pengolahan Pola Citra Background Pada Website Pemerintah Kabupaten Pringsewu. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 2(2), 18-27.

Purnomo, R. F., & Yuniarthe, Y. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Suplier Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus: Toko Keripik Rona Jaya Bandar Lampung). Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 14(1), 87-93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.