Aplikasi Retur Barang Pada Pt. Indofarma Global Medika Berbasis Web

Ari Kurniawan Saputra, Fenty Ariani

Abstract


Abstrak

PT. Indofarma Global Medika, merupakan perusahaan distributor yang berada di Provinsi Lampung di Kabupaten Kota Bandar Lampung dengan alamat Jl. Urip Sumoharjo No.144, Gn. Sulah, Way Halim, Kota Bandar Lampung. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam-macam barang bahan baku makanan dan barang farmasi. Dalam perkembangannya, PT. Indofarma Global Medika tidak hanya berfokus pada distribusi peralatan kesehatan namun juga pada bisnis-bisnis tertentu, diantaranya adalah bisnis penjualan bahan baku, jasa pelayanan hemodilisa (ginjal), bisnis apotik menjadi klinik, distribusi produk farmasi dan kesehatan dan bisnis pemasaran dan perdagangan alat kesehatan. Retur panjualan barang adalah pengembalian barang dari customer dikarenakan barang rusak dalam perjalanan atau pengiriman barang yang tidak memenuhi spesifikasi yang di inginkan. Permasalahan pada sistem retur penjualan barang di PT. Indofarma Global Medika yang terjadi saat ini, masih menggunakan sistem manual pencatatan yang dimana outlet harus menunggu kunjungan salesman untuk bisa menginput returan setelah itu expedisi mengantarkan returan barang ke outlet yang telah di input salesman.

 

 

Kata kunci : Aplikasi Retur Barang, pada PT. Indofarma Global Medika.


Full Text:

PDF

References


Asropudin, pipin. 2013, “Kamus Teknologi Informasi Komunikasi”. Bandung : Titian Ilmu Bandung.

Alexander F.K. Sibero. 2013, “Kitab Suci Web Programming”. Yogyakarta: Mediakom.

Dwi Prastio, Chandra, “Aplikasi Penjualan dan Persedian Barang Dagang dengan Metode Per[etual FIFO Berbasis Web”. Fakultas Komputer, Perguruan Tinggi Amikom.Yogyakarta.

Fasya, Nadia, 2018, “Evaluasi Prosedur Retur Penjualan PT.ABC”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung, Bandar Lampung.

Kadir, Abdul. 2012, “Algoritma&Pemrograman Menggunakan WEB”.

Yogyakarta: ANDI.

Koniyo, Andri 2012, “Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Ms. SQL Server”. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Nurcahyono, Fendi, “Pembangunan Aplikasi Penjualan dan Stok Barang pada Toko Nuansa Elektronik Pacitan”. Dalam program studi, SI Fakultas Ilmu computer. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Nidhra dan Dondeti. 2012, “Pemrograman PHP Codelgniter BlackBox”. Jakarta: Jasakom.

Nugroho, Adi. 2014, “Unified Modeling Language”. Jakarta: Elex Media Koputindo

Nugroho, Bunafit.2016,“teknik perancangan basis data konseptual’. Bandung:: Informatika Bandung.

Ramli, Samsul. 2013, “Retur penjualan barang”.Jakarta: Mediakita.

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin. 2014,“Rekayasa Perangkat Lunak”. Bandung: Informatika.

Rosa dan M. Shalahudin. 2014, “pemodelan sistem UML:Use case Diagram. Yogyakarta. Andi Offset.

Rosa dan M. Shalahudin. 2014, “pengenalan simbol use case diagram pada UML”. Yogyakarta: Andi.

Rosa dan Shalahuddin. 2015, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Obyek”. Surakarta: Informatika.

Sutabri, Tata. 2012, “Analisis Sistem Informasi”.Yogyakarta: Mediakom.

Sepantri, Rino. 2017, “Sistem Informasi Pengolahan Barang Return Pada JL. URIP SUMOHARJO NO.144, GN. SULAH, WAY HALIM, KOTA BANDAR LAMPUNG”. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Trisma, NF. 2016, “Pengenbangan Fitur Retur dari Sistem Informasi Persediaan Barang”. Fakultas Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.