Pemodelan dan Simulasi Berbasis Agen untuk Penyebaran Covid-19 Menggunakan Net Logo

Nizamiyati Nizamiyati, Iin Marliana

Abstract


Pandemi global COVID-19 telah menantang dunia dalam mengatasi penyebaran virus yang mengubah pola interaksi masyarakat. Dalam menghadapi tantangan ini, pemahaman mendalam tentang dinamika penularan virus menjadi krusial untuk merancang strategi pengendalian yang efektif. Simulasi berbasis agen, terutama yang dapat diimplementasikan pada NetLogo, menawarkan pendekatan inovatif untuk menggambarkan interaksi kompleks antara individu dalam suatu populasi, memberikan wawasan berharga terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penyebaran penyakit.

 

 

Model simulasi COVID-19 berbasis agen menonjolkan keunggulan dalam memahami bagaimana manusia yang belum terinfeksi dapat berpotensi terinfeksi melalui tetangga yang terinfeksi.

 

Pentingnya memodelkan lima status kesehatan, yaitu sehat, terinfeksi, kritis, sembuh, dan meninggal, menjadi landasan utama dalam menjelaskan dinamika pandemi. Dengan fokus pada dinamika status kesehatan ini, simulasi NetLogo yang mengintegrasikan interaksi individu dengan variabel-variabel kesehatan menawarkan pandangan

 

holistik tentang kompleksitas penyebaran virus dalam populasi.


Full Text:

PDF

References


J. M. Epstein, "Generative Social Science: Studies in Agent-Based Computational Modeling," Princeton University Press, 2006.

U. Wilensky, "NetLogo," Northwestern

University, Evanston, IL, https://ccl.northwestern.edu/netlogo/.

World Health Organization (WHO). (2020). "Coronavirus disease (COVID- 19) pandemic." https://www.who.int/emergencies/diseas es/novel-coronavirus-2019

Centers for Disease Control and

Prevention (CDC). (2020).

"Coronavirus."

https://www.cdc.gov/coronavirus/index. html

Law, A. M., & Kelton, W. D. (2000). "Simulation modeling and analysis." McGraw-Hill

Banks, J., Carson, J. S., Nelson, B. L., & Nicol, D. M. (2005). "Discrete-Event System Simulation."

Prentice Hall

Purnomo, R. F., & Fahurian, F. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Anggaran Keuangan menggunakan Metode Wp (Weighted Product) Pada Panti Wreda Griya Nugraha Bandar Lampung. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 14(2), 162-169.

Wilensky, U. (1999). "NetLogo."

https://ccl.northwestern.edu/netlogo/

Gane, S., & Sarson, T. (1979). "Structured Systems Analysis: Tools and Techniques." Mcgraw-Hil


Refbacks

  • There are currently no refbacks.