Pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Banana Foster

Lilya Febrianti, Umar Bakti, Hairudin Hairudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, dan Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Lampung Banana Foster. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung dan membeli produk Lampung Banana Foster. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi berganda, dan hipotesis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Inovasi Produk, Digital Marketing, dan Word of Mouth secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Lampung Banana Foster. Inovasi Produk, Digital Marketing, dan Word of Mouth berpengaruh sebesar 70,2% terhadap Minat Beli Konsumen Lampung Banana Foster. Sedangkan sisanya 29,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Inovasi Produk, Digital Marketing, Word of Mouth, dan Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Budiati, Indah dkk. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dedi Purwana dan Shandy Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah UMKM Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol. 1, No. 1.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di PekanBaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2017). Principles Of Marketing. USA: Pearson education Limitid.

Kotler dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Jakarta: Salemba Empat.

Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika 45, 5(1). 38-54.

Potabuga, Nioder dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Motor Yamaha Di Outlet Yamaha 3S Ahmad Yani. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Vol. 5, No.2.

Pratiwi, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa Ungaran). Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Setiadi, Nugroho. (2019). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana Prenada Media Group.

Sitorus, O.F & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuningsih, Erni dan Silaningsih, Endan. (2020). Manajemen Bisnis dan Inovasi. Bandung: Whidina Bhakti Persada.

Zakiah, A. N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Proosi Tergadap Minat Beli Konsumen Catering Dapoer Agoeng Bintaro PT Agung Jelita Pratama. In Universitaas Satya Negara Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.