PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN

Dina Kurnia, Hairudin Hairudin, Rini Loliyani, Eka Travilta Oktaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, yaitu melalui responden yang mengisi kuesioner dan data sekunder adalah data yang dikumpulkan dari pihak lain yaitu dari karyawan dan manager Adiksi Coffee. Teknik analisis yang digunakan melalui validitas, reabilitas, asumsi klasik, hipotesis dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan pengaruh orientasi pasar, inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran dan secara parsial masing-masing variabel berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Dengan demikian untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran harus memperhatikan faktor orientasi pasar dan inovasi produk.

Full Text:

PDF

References


Arbawa, D.L. and Wardoyo, P. (2018) ‘Keunggulan Bersaing : Berpengaruh Terhadap Kinerja

Pemasaran (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Kendal)’, Jurnal Riset

Ekonomi dan Bisnis, 11(1).

Arikunto, S. (2019) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Devara, K.S. and Sulistyawai, E. (2019) ‘Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh

Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran’, E-Jurnal Manajemen, 8(10).

Hidayat, A.N., Raharja, S. and Suharjo, B. (2020) ‘Strategi Pemasaran Produk Kopi Ready to Dink

(RTD) industri Kecil Menengah Agroindustri Kopi Dompet Dhuafa di Bogor’, MANAJEMEN

IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(2).

Ichamidah, N. (2004) Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Inovasi Produk dan

Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Perusahaan

Kerajinan Keramik di Sentra Industri Kasongan, Kab. Bantul, Yogyakarta). Yogyakarta:

Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Jayaningrum, E. (2017) ‘Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap

Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang)’.

Malang: Universitas Brawijaya.

Karinda, M.V.A., Mananeke, L. and Roring, F. (2018) ‘Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi

Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT. Telkom Area Tomohon’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Manahera, M.M., Maniharapon, S. and Tawas, H.N. (2018) ‘Analisis Pengaruh Orientasi Pasar,

Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus

UMKM Nasi Kuning di Manado)’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis

dan Akuntansi, 6(4).

Nasir, A. (2017) ‘Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di

Kabupaten Pasuruan’, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntasi, 5(1).

Puspitasari (2015) ‘Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan

Kinerja Pemasaran.’

Rangkutti, F. (2017) ‘Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima Plus Kasus

Analisis Kasus Jasa Raharja’, Jurnal Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono (2017) ‘Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas

Pelanggan Terhadap Kepuasan’, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.