Pengaruh Efikasi Diri, Kreativitas Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Kasus SMK Negeri Sukoharjo)

Marta Kurniawati, Hairudin Hairudin, Astrid Aprica Isabella

Abstract


Niat atau niat berwirausaha dikalangan siswa SMK Negeri Sukoharjo masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya self-ability atau kepercayaan diri siswa untuk menjadi wirausaha. Serta belum adanya lingkungan bagi siswa untuk mengembangkan misi sekolah yaitu berkompetisi secara profesional untuk menjadi wirausaha, hal ini terlihat dari lingkungan sekolah yang jarang terlihat siswa melakukan kegiatan mandiri dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Self-Efficacy, Creativity dan Family Environment mempengaruhi Intensi Berwirausaha (Studi kasus di SMK Negeri Sukoharjo). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri Sukoharjo. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 77 narasumbert. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self-Efficacy, Creativity dan Family Environment secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi Intensi Berwirausaha yaitu 0,395 atau 39,5% dan secara parsial Kreativitas dan Lingkungan Keluarga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Intensi Berwirausaha, sedangkan Self-Efficacy tidak berpengaruh. signifikan terhadap Niat Wirausaha.

Full Text:

PDF

References


Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh motivasi berwirausaha, pengendalian diri, dan lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,

(4), 1594.

Bashiroh, R. N., Munastiwi, E., Ardiyanti, S., & Masruroh, L. (2021). The Application of

Character Education in the Family Environment during the COVID-19 Pandemic. JURNAL

PENDIDIKAN DAN KELUARGA, 12(02), 50–58.

Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan locus of

control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 51–61.

Fradani, A. C. (2014). Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan Dalam

Keluarga, Dukungan Keluarga, Dan Efikasi Diri Pada Intensi Berwirausaha Siswa Smk

Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 157–170.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. AR-Ruzz Media.

Jaya, I., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Norma Subjektif, Efikasi Diri, Dan Sikap Terhadap

Intensi Berwirausaha Siswa Smkn Di Denpasar. None, 5(3), 255356.

Jervis, H., & Selamat, F. (2023). Pengaruh Faktor Keluarga, Ciri Kepribadian, dan Efikasi Diri

terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa/i Perguruan Tinggi Swasta DKI Jakarta. Jurnal

Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 28–37.

Karimah, A., & Kramadibrata, B. S. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Keterampilan Manajerial

Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Media Nusantara

Citra). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(3), 419–430.

Manurung, E. W. S., Syarif, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi

berwirausaha terhadap intensi berwirausaha siswa SMK. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(3),

–108.

Musdalifah, M., & Baharuddin, A. (2016). Pengaruh locus of control dan sikap berwirausaha

terhadap intensi berwirausaha melalui kreativitas (Studi kasus pada ibu rumah tangga di

Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(2),

Natalia, C., & Rodhiah, R. (2019). Pengaruh Kreativitas, Edukasi Dan Efikasi Diri Terhadap

Intensi Berwirausaha Dalam Generasi Z. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 164–

Octaviani, A., Yohana, C., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Kecenderungan Mengambil Risiko,

Kebutuhan akan Prestasi dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa di

Jabodetabek. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 160–176.

Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas terhadap Intensi

Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 11(2), 80–88.

Prawoto, E., & Affandi, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga

Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Sikap Berwirausaha Sebagai Variable Mediasi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 50–60.

Pujoalwanto, B. (2014). Perekonomian Indonesia Tinjauan Historis, Teoritis, dan Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santy, N., Rahmawati, T., & Hamzah, A. (2017). Pengaruh efikasi diri, norma subjektif, sikap

berperilaku dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Inspirasi

Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63–74.

Simatupang, T. S. (2020). Intensi Berwirausaha: Sebuah Konsep dan Studi Kasus di Era

RevolusiIndustri 4.0. Adab.

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan

Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan

Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi Dan

Manajemen), 1(1), 337–380.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Alfabeta.

Suryana. (2017). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba

Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.