STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PRODUK BANK SYARIAH PADA ERA DIGITAL

Marshella Sukma Kirana, Muhammad Iqbal Fasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penggunaan produk perbankan syariah di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis kasus pada beberapa bank syariah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital seperti mobile banking, social media, dan website yang interaktif menjadi kunci keberhasilan dalam menarik minat nasabah, terutama generasi milenial. Selain itu, personalisasi layanan, edukasi keuangan syariah, dan kolaborasi dengan fintech juga menjadi factor penting dalam mengingkatkan penetrasi pasar perbankan sayriah.


Full Text:

PDF

References


Agustin, H. (2021). Teori Bank Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1), 67–83. https://doi.org/10.46367/jps.v2i1.279

Aswara, E. 2022. Peran media sosial terhadap perkembangan perbankan syariah di Indonesia sebelum dan saat covid-19 (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Emilia, Rp .2022. Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BankSyariah Kota BandarLampung (Disertasi Doktor,UIN Raden Intan Lampung).

Handayani, R. N., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah Di Tengah Pesatnya Pertumbuhan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(01), 1–10. https://doi.org/10.47080/jmb.v5i01.2285

John A.Pearce II, Richard B.Robinson, Jr.2014. Manajemen strategi, Jakarta: Salemba Empat Muhammad, A. M., Basha, M. B., & AlHafidh, G. 2020. UAE Islamic banking

promotional strategies: an empirical review. Journal of Islamic Marketing. 11(2).

Putri David, N. A. A., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Bank Syariah di Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Lab, 6(02), 143–

https://doi.org/10.33507/labatila.v6i02.1023

Ritonga, I., & Purwati, E. (2020). Strategi Pemasaran Bank Syariah Mandiri Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pensiun. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30739/jesdar.v1i1.62

Sondang P. Siagian, 2012. Manajemen stratejik, Jakarta : PT Bumi Aksara

Shohih, H., & Setyowati, R. (2021). Perspektif Hukum Islam Mengenai Praktik Gharar

Dalam Transaksi Perbankan Syariah. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 12(2), 69–82. https://doi.org/10.28932/di.v12i2.3323

Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital.

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6408

Vanni, K. M., & Nadan, V. S. (2023). Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Banking Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(2), 237– 248. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i2.197

Wulandari, D. (2023). Pemasaran Produk Bank Syariah di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3085–3092.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.