Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Cilegon

Babay Bayinah, David Ahmad Yani

Abstract


Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 5 Kota Cilegon. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan tujuan yang akan dicapai peneliti adalah suatu gambaran secara faktual dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian tentang pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 5 Kota Cilegon dilakukan dengan beberapa program dan upaya yaitu melakukan pendidikan dan pelatihan dengan melaksanakan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), Pendidikan dan pelatihan di tempat kerja, pelatihan jarak jauh, Forum Kelompok Belajar SMP Negeri 5 Kota Cilegon, penyusunan buku ajar dan LKS serta lainnya yang dapat menunjang pada peningkatan profesionalitas guru. Berdasarkan program di atas upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru terdapat beberapa program antara lain: Pertama; Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru; Kedua; Program penyetaraan dan sertifikasi; Ketiga; Program pelatihan integritas berbasis kompetensi; Keempat; Program supervisi pendidikan; Kelima; Program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran); Keenam; Melakukan penelitian. Akhir dari penelitian ini bahwa pengembangan profesionalisme guru melalui kinerja guru dilakukan di sekolah sendiri dengan memperhatikan kelemahan dari guru untuk saling introspeksi dan menjadi bahan guna perbaikan di masa yang akan datang. Akan tetapi pengembangan profesionalisme guru di SMP Negeri 5 Kota Cilegon yang dilakukan belum optimal, melainkan masih membutuhkan bimbingan serta arahan guna tercapainya program tersebut dari stakeholder terkait baik pemerintah maupun pemerhati Pendidikan.

 Kata Kunci: Pengembangan, Profesionalisme Guru, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Siburian, Situmorang, dan Purba, 2014, “Perilaku Organisasi”, Bandung: Alfabeta

Ambarita dan Nasrun, 2016, “Manajemen Pendidikan dan Peningkatan Mutu”, Bandung: Alfabeta

Daryanto dan Tasrial, 2015, “Pengembangan Karir Profesi Guru”, Cetakan.pertama, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah, Saiful Bahri, 2016, “Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis”, Jakarta: Rineka

Fahmi, Irham, 2014, “Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi”, Bandung: Alfabeta

Hafidulloh, dkk., 2021, “MANAJEMEN GURU: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru”, Cetakan pertama, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani

Muhadjir, Noeng, 2014, “Metode Penelitian Kualitatif”, Edisi ke empat. Yogyakarta: Rake Serasin

Mulyasa, E., 2014, “Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru”, Bandung: Remaja Rosdakarya

Pinton Setya Mustafa, 2024, “Profesi Keguruan untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan”, Cetakan pertama, Mataram (NTB) : Pustaka Madani

Republik Indonesia, 2005, “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan”

-----------------------, 2003, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional”

Anwar, A. S. (2020). Pengembanggan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.

Deden, Danil, (2019), Upaya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 3,No. 1.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73.

Kuntarto, E., & Sugandi. (2018). Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyah Al-Azhar Kota jambi. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 220–238.

Mardalena, Yasir Arafat, and Happy Fitria, 2020, Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kecamatan Tanjung Raja, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains 9(1):103–14.

Mustofa, (2017), Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 4,No. 1.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93–101.

Rohmansyah, N. A., & Setiyawan. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Di Kota Yogyakarta. JOSSAE: Journal Of Sport Science And Education, 1(1), 47–54.

Sari, I. N. (2013). Pengembangan Keterampilan Tenaga Kependidikan melalui Pendekatan Spiritual. Ilmu Pendidikan-Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 40(2), 152–158.

Zakaria, A., & Ghoffar, I. (2017). Bab III Metode Penelitian Nilai-Nilai Pendidikan Taharah (Telaah Kitab Ihya Ulumu ad-Din Karya Al-Ghazali)[Fakultas Agama Islam UMY].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.