Optimalisasi Media Sosial Dalam Memperluas Jangkauan Pasar UMKM, (Studi Di Desa Jambewangi Kec. Secang Kab. Magelang)

Mirta Thaharia

Abstract


mengingat UMKM di desa Jambewangi ini semakin bertambah setiap saat. Dengan mengoptimalkan media sosial ini, pasar UMKM di desa Jambewangi lebih luas lagi bukan hanya pelanggan dari desa saja melainkan dari luar kota sekaligus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan cara menganalisis fenomena UMKM yang ada di desa Jambewangi dalam mengoptimalkan media sosialnya sebagai sarana promosi bisnisnya. Dan menggunakan pendekatan studi kasus karena penggunaannya yang fleksibel untuk semua elemen koprehensif. Observasi langsung dan melakukan wawancara terhadap salah satu pelaku UMKM dalam melakukan penelitian ini. Hasil dari penelitan ini adalah karena pelaku UMKM adalah seorang ibu rumah tangga yang mana belum bisa mengatur waktu mereka dalam berbisnis karena kesibukan menjadi ibu rumah tangga. Dengan begitu para pelaku UMKM ini belum bisa mengoptimalkan media sosial dalam menjangkau pasar yang lebih luas karena ketidak konsistennya mereka dalam mempromosikan produk mereka. Dikarenakan platfrom media yang digunakan hanya satu yaitu Whatsapp saja. Pada era saat ini media sosial berkembang pesat banyak platfrom media sosial bermunculan seperti Instagram, Tiktok, dan Marketplace lainnya. Strategi dalam menjangkau pasar UMKM yang lebih luas yaitu dengan adanya inovasi baru, mengoptimalkan media sosial dan sering melakukan promosi. Dalam mengelola bisnis konsistensi dan inovasi baru penting dilakukan untuk kemajuan bisnisnya.

Kata-kata kunci : Optimalisasi media sosial, Perluasan jangkauan pasar, UMKM.


Full Text:

PDF

References


Arasy Alimudin, S. E., & Purwantoro, G. (2022). Digital marketing untuk umkm. Narotama University Press.

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50.

Khoiriyah, D., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Optimalisasi Pemasaran Produk Melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Branding Dan Pendampingan Media Sosial Instagram Pada UMKM Catering “Miss Tote” Di Kelurahan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(3), 40-52.

Rahmawati, I., Sa’adah, L., & Afiyah, S. (2020). Efektivitas penggunaan media sosial untuk pengembangan UMKM Kabupaten Jombang. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 7(1), 95-102.

Riofita, H. (2024). Optimalisasi Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. Inovasi Makro Ekonomi (IME), 6(3).

Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. Caremedia Communication.

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195-206.

Yuliawati, A. K., & Aryanti, A. N. (2023). UMKM Unggul dengan Pemasaran Digital dan Co- Creations. Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.