Peranan Customer Service Dalam Pelayanan Produk Simpanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Bantar Kantor Cabang Tasikmalaya

Dinda Tsanny Yolanda

Abstract


Peranan Customer Service Dalam Pelayanan Produk Simpanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Bantar Kantor Cabang Tasikmalaya sangat penting untuk memastikan keppuasan nasabah dan kelancaran operasional bank. Karya ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Customer Service dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien terhadap produk simpanan, seperti Tabungan, deposito, dan giro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan waancara, studi pustaka, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Service berperan besar dalam membangun hubungan yang baik antara bank dan nasabah melalui komunikasi yang jelas responsive, serta memberikan informasi yang tepat mengenai produk simpanan. Kemampuan Customer Service untuk mengatasi masalah dan memberikan Solusi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah berkontribusi terhapadap peningkatan kepuasan nasabah. Namun, beberapa tantangan seperti keterbatasan pengetahuan produk dan sistem teknoogi yang belum optimal, masih menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini menyarankan agar bank memberikan pelatihan yang lebih mendalam dan meingkatkan dukungan teknologi untuk Customer Service agar dapat melayani nasabah dengan lebih efektif.

Kata Kunci : Pelayanan Produk simpanan, Customer Service, Peranan


Full Text:

PDF

References


Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Abdurrahman Fatoni. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan

Kasmir. (2014). Dasar-dasar Perbankan. Depok: Rajawali Pers.

Gitasia, Afrina, and Romi Susanto. "Aktivitas Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Nasabah Pada PT. Bank Nagari Cabang Payakumbuh." (2023).

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Octavia, Y., & Alexandro, R. (2020). Efektivitas Customer Service (CS) Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Cabang Palangka Raya. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 4(1).

Nurul Ichsan, H. (2014). Pengantar Perbankan. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Kasmir. (2012). Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sukma, S. T. I. M. (2018). Penerapan Layanan Unggul Dalam Pemasaran Produk Bank.

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian, Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Vina Islami, Fera Nelfianti, Suparman HL. (2019). Service Excellent. Yogyakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.