Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada PT. Anugerah Dewata Mulia

Resi Arumini

Abstract


PT. Anugerah Dewata Mulia adalah perusahaan yang bergerak di bidang Konstruksi Baja dan Supplier Besi. Strategi pemasaran merujuk pada upaya terencana yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan tujuan meningkatkan volume penjualan. Dalam konteks ini, strategi pemasaran mencakup langkah-langkah tertentu yang membantu perusahaan mencapai targetnya. Hal ini penting karena kemampuan untuk menjual produk bergantung pada seberapa banyak orang yang mengenal dan memahami nilai yang ditawarkan oleh produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan pemasaran yang paling efektif bagi perusahaan.pemasaran yang cocok berdasarkan analisis SWOT PT.Anugerah Dewata Mulia. Jenis penelitian adalah deskriptif kuntitatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi pemasaran PT. Anugerah Dewata Mulia menggunakan metode analisis SWOT. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi daya saing perusahaan. Dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, penelitian ini menyusun rekomendasi strategi pemasaran yang relevan. Data diperoleh melalui metode survei menggunakan kuesioner kepada pihak manajemen, karyawan, dan konsumen perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan kekuatan dan peluang dapat meningkatkan daya saing, sementara mitigasi terhadap kelemahan dan ancaman diperlukan untuk mempertahankan posisi pasar. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk merancang strategi pemasaran yang lebih fleksibel dan kompetitif.

Kata kunci: Analisis SWOT, strategi pemasaran, daya saing, faktor internal-eksternal.


Full Text:

PDF

References


M, Molanda, Pricillia dkk. 2019. Analisis SWOT dalam menentukan Strategi pemasaran pada Rumah Makan Baper Yogja. Jurnal EMBA.Vol.VII. (hal:3827:3836) https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24882

Suryatman, Tina Hermawati dkk. 2021. Perencanaan Strategi Pemasaran dengan analisis SWOT dalam Upaya meningkatkan penjualan Sepatu Adidas di Pt Panarub Industri.Jurnal Industri Manufacturing.Vol.VI.(hal:43-56). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jim/article/view/4117

Ramadhan, Rizki Putra dkk. 2022. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya meningkatkan Penjualan pada Usaha Makaroni Kriukz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika.Vol.XV.(hal:271-281). https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/153

Anggraini, Mita Dwi dkk. Implementasi Strategi Pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan pada UD. Putra Bangkit Sambeng Lemongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Vol. IV. (hal: 963:9674). https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/253

Haninda, Rizka Novianty dkk. 2022. Analisis SWOT dalam menentukan Strategi Pemasaran Kedai Warung Kopi 777 Surabaya. Jurnal Yos Soedarjo Economics. Vol.IV.(hal:1-11). https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/yej4101

Chakti, Andi Gunawan. 2019. The Book of digital Marketing. Cetakan I.

Rangkuli, Freddy. 2019. Strategi Promosi yang kreatif dan analisis Kasus Inteergrated Marketing Comunication.

D. Prasetyo, Bambang dkk. 2018.Komunikasi pemasaran terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media baru). Cetakan I

Cipta, H. dan Hatamar, h. 2020. Analisis SWOT Intergrasi Industri halal dan Perbankan Syariah Indonesia. Cetakan I

Riyanto, Slamet dkk. 2021. Analisis SWOT Sebagai Penyusunan Strategi Organisasi.Cetakan I.(


Refbacks

  • There are currently no refbacks.