Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Obat: Literatur Review
Abstract
Studi literatur ini mempelajari tentang pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian obat di Indonesia. Kesehatan merupakan aspek krusial pada kehidupan manusia, karena dengan kondisi yang sehat, individu dapat menjalani kegiatan dengan lebih nyaman dan memberi dampak positif bagi orang lain. Meskipun kesehatan masyarakat masih menjadi perhatian utama pemerintah, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan keputusan pembelian, para produsen obat atau tenaga apoteker harus mampu memproduksi obat yang berkualitas dan berkhasiat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur data yang dikumpulkan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Penelitian ini melakukan analisis mendalam terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk menginvestigasi sejauh mana pengetahuan mengenai produk berpengaruh pada keputusan pembelian obat. Hasil dari penelitian menerangkan bahwa pengetahuan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan tersebut, khususnya dalam pembelian obat. Pengaruh pengetahuan produk mempunyai peran penting karena dapat menaikkan volume penjualan pada obat.
Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Keputusan Pembelian, Obat.
Full Text:
PDFReferences
Alfaaza, M. F., Lindra, K. F. P., Muchtar, N. R., Rizky, M. C., Darmawan, D., Vitrianingsih, Y., Sisminarnohadi, Kholis, K. N., Indaryati, N., Haryanto, A. V., Subhi, I., & Rini, I. W. D. (2024). Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat melalui Cek Kesehatan Gratis di Universitas Sunan Giri Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Fatimah, 1(2), 42-51.
Alghifari, A, Y, & T. S. M. Rahayu. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee: Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), 223-236.
Allender, J., Rector, C., Rector, C., & Warner, K. (2013). Community & Public Health Nursing: Promoting the Public's Health. Lippincott Williams & Wilkins, Philadelpia.
Andika, F., Afriza, N., Husna, A., Rahmi, N., & Safitri, F. (2022). Edukasi Tentang Isu Permasalahan Kesehatan di Indonesia Bersama Calon Tenaga Kesehatan Masyarakat Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 4(1), 39-44.
Andika, F., Afriza, N., Husna, A., Rahmi, N., & Safitri, F. (2022). Edukasi Tentang Isu Permasalahan Kesehatan di Indonesia Bersama Calon Tenaga Kesehatan Masyarakat Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 4(1), 39-44.
Annisa, I. T., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Keterlibatan dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Jamu Masuk Angin Kemasan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 122-137.
Arifin, Z. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Product Knowledge terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Azizah, R. N., & Sinambela, E. A. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi dan Kelompok Acuan Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Suplemen Kesehatan You C-1000 di Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 24–32.
Bakti, U., Loliyani, R., Isabella, A. A., Loliyana, R., & Adelita, I. (2024). The Influence of Brand Image and Digital Marketing on Consumer Purchasing Decisions (Case Study on Roja Bouquet Flower Shop). International Journal of Economics (IJEC), 3(2).
Darmawan, D. (2014). Perilaku Konsumen. Metromedia, Surabaya.
Dewi, I, R., Cahyani, A. N., & Annastasya, A. (2023). Penyuluhan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) di Desa Leduk Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(1), 11-15.
Essardi, N. I., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2022). Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, and Price Perception: Determinants of Purchase Decisions for Consumers at Jumbo Supermarket. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 2(2), 95–104.
Farochi, M. N. A., Noor, T., Wibowo, A., Darmawan, D., Hardyansah, R., Putra, A. R., & Octavianto, A. D. (2024). Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Cek Kesehatan di Kampus Universitas Sunan Giri Surabaya. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 3(1), 1-11.
Firmansyah, M., & Anang, A. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Budi Utama Deepublish, Yogyakarta.
Gulo, A., & Siregar, N. (2021). Pengaruh Kecepatan Putaran terhadap Struktur dan Morfologi Film Tipis Zno dengan Menggunakan Metode Sol-Gel Spin Coating. EINSTEIN (e-Journal), 9(2), 34-38.
Hardyansah, R., Jahroni, J., Darmawan, D., Arifin, S., & Negara, D. S. (2023). Student Interest in Becoming Customers of Islamic Banks in Terms of Religiosity and Product Knowledge. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 5–10.
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Minyak Kayu Putih Cap Lang pada Masyarakat Desa Aek Kanan Kec. Dolok Sigompulon Kab. Padang Lawas Utara Sumatera Utara. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hendarwati, A., & Marsila, E. (2022). Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik di Kota. Prima Ekonomika, 13(1), 66-90.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Produk Eiger: (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023). The Effectiveness of Free Halal Certification Services Through the Scheme Self Declare for SMEs in Lampung Province. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), 532-540.
Istiyani, N., Destyana, B., & Purnomo, F. O. (2022). Harga, Kepercayaan dan Pengetahuan terhadap Keputusan Pembelian Obat Tradisional pada Masyarakat RW 05 di Cawang. Binawan Student Journal, 4(3), 44-49.
Jannah, M., Wanti, M. W., Muhaimin, R., Retnowati, E., Lestari, U. P., Vitrianingsih, Y., & Sriwahyuni, Y. (2024). Pengembangan Mutu Jasmani Melalui Senam Sehat untuk Meningkatkan Kebugaran Fisik Masyarakat Desa Pasinan Kecamatan Lekok Pasuruan. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(12), 2311-2318.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar- Dasar Pemasaran. Indeks, Jakarta.
Limbong, M., Hidayah, N., Atjo, N. M., Wenas, D. M., Iksen, I., Mustiqawati, E., Ifada, A. S., Puspareni, L. D., Yaturramadhan, H., Sherman, H., & Wulandari, A. (2023). Farmakologi Sosial dan Pengelolaan Obat. Yayasan Kita Menulis, Medan.
Lin, N. H., & Lin, S. B. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies, 2(2), 121-132.
Marfixoh, S. (2023). Pengaruh Harga, Preferensi Label Halal, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas pada Masyarakat Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Skripsi, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Maulana, F, R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 124-137.
Muhyidin. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Pengetahuan Produk Bank, Kepercayaan, dan Pelayanan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga). Skripsi, IAIN Salatiga.
Munir, M., Hidayat, K., Fakhry, K., & Mu’tamar, F. F. M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura. Agroindustrial Technology Journal, 3(2), 95-109.
Nugrahini, L., Sampurno, S., & Haryani, I. (2019). Pengaruh Harga, Promosi dan Product Knowledge terhadap Keputusan Pembelian Enervon Active serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen di Jakarta. Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 6(3), 66-80.
Nurlaeli, I. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi, dan Pengetahuan tentang Produk terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS di Banyumas. Jurnal Pemikiran Islam: Islamadina, 18(2), 75-106.
Pamungkas, N, L., Ibdalsyah, I., & Triwoelandari, R. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 111-125.
Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Lembaran RI Tahun 2009 Nomor 36. Sekretariat Negara, Jakarta.
Pender, N. J., Murdaugh, C., & Parsons, M. A. (2011). Health Promotion in Nursing Practice. Pearson Education, USA.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361-374.
Prameswari, K. S. P., Putri, R. F. W., Ilmi, A., Hariani, M., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., Djaelani, M., & Dzinnur, C. T. I. (2024). Pengadaan Tempat Sampah Organik dan Anorganik Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah di Desa Pasinan, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 57-66.
Pualam, F. M., Nursito, S., & Haris, A. (2023). Pengaruh Life Style dan Trend terhadap Mina Beli Minuman Kopi yang Dimediasi oleh Product Knowledge (Studi Kasus pada Pelanggan Cafe/Kedai di Kota Klaten). Kajian Ekonomi dan Bisnis, 18(2), 96-107.
Putra, P. G., Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 124-131.
Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Product the Body Shop di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1-11.
Riyanto, A., & Akbar, A. (2024). Optimasi Proses Penyalutan Tablet dengan Penambahan Extended Fin untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Efisiensi Produksi. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 3(3), 8-8.
Saleh, Y. A. (2010). Berdzikir untuk Kesehatan Saraf. Zaman, Jakarta.
Sari, S. D. K., Mursityo, T. Y., & Herlambang, D. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Promotion di Media Sosial Instagram yang di Mediasi Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Princess Fazion Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 8174-8183.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior. Prentica Hall International, USA.
Septiani, L. (2022). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Vitamin dan Suplemen pada Masyarakat Muslim Kota Jambi di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Sholihat, A., & Rumyeni, R. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. JOM FISIP, 5(1), 1-15.
Siti, M. (2023). Pengaruh Harga, Preferensi Label Halal, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas pada Masyarakat Kecamatan KarangPucung Kabupaten Cilacap. Skripsi, Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Sulistyoningsih, V. D., Yogananda, A. A. & Hasanudin, N. M. (2024). Gambaran Pengetahuan Produk, Label Halal, dan Keputusan Pembelian Suplemen pada Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Kunir: Jurnal Farmasi Indonesia, 2(1), 50-58.
Supardi, S., Handayani, R. S., Herman, M. J., Raharni, R., & Susyanty, A. L. (2012). Kajian Peraturan Perundang-Undangan tentang Pemberian Informasi Obat dan Obat Tradisional di Indonesia. Indonesian Pharmaceutical Journal, 2(1), 20-27.
Surya, A. (2023). Navigating the Nexus: Exploring the Relationship between Intellectual Capital, Financial Performance, and Firm Value. Shirkah: Journal of Economics and Business, 8(3), 299-308.
Suryadi, S. S. (2021). Analisis Pengaruh Terpaan Iklan di Televisi Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Syafitri, I. N., Hidayati, R. I., & Pristianty, L. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Penggunaan Obat Parasetamol Rasional dalam Swamedikasi. Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 4(1), 19-26.
Vitrianingsih, Y. (2024). Model Sanksi bagi Fasilitas Layanan Kesehatan yang Menggunakan Obat Kedaluarsa. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-political Governance, 4(2), 1412-1430.
Refbacks
- There are currently no refbacks.