Pengaruh Harga terhadap Minat Beli Makanan: Literature Review

Nailul Izza, Didit Darmawan

Abstract


Studi literatur ini mempelajari tentang pengaruh suatu harga terhadap minat beli makanan yang ada di negara Indonesia. Untuk meningkatkan minat beli, produsen harus bisa membuat ketetapan yamg tapat dan baik pada harga. Kualitas produk yang sesuai untuk harga serta disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki konsumen untuk membeli dapat menarik minat beli. Studi ini menggunakan metode kajian literatur yang dilakukan melalui penelusuran pengumpulan yang relevan dengan kajian dari beberapa sumber ilmiah. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap niat beli khususnya pada pembelian produk makanan. Besarnya pengaruh peran harga dapat merangsang minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Diharapkan perusahaan bisa membuat strategi yang baik dan sesuai dalam menetapkan harga. Strategi yang bisa diterapkan oleh produsen untuk memberikan harga kepada konsumen salah satunya dengan memberi harga yang lebih terjangkau dibandingkan dari pesaing.

Kata Kunci: Harga, Minat Beli, Makanan


Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Darmi, & Rahmah, T. (2023). Pengaruh Cita Rasa dan Harga Terhadap Minat Beli Makanan Tradisional Bhoi Aceh di Kecamatan Peuka Bora Kabupaten Pidie. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 224–234.

Almatsier, S. (2001). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Amelia, A. N., & Risal, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Jual, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Printer Epson Pada PT. Pixelindo. Manajamen Strategis Terkini, 5(4), 1–14.

Anjanarko, T. S., & Mardikaningsih, R. (2022). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Pemilihan Merek Maskapai Penerbangan. Jurnal Baruna Horizon, 5(2), 100–108.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(3), 49–56.

Arianti, E. K., Yahdillah, M., Machfud, N. U. A. C., Issalillah, F., Herisasono, A., Darmawan, D., & Suwito, S. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Tumbuh Kembang Balita Melalui Program Kegiatan Posyandu Desa Sambungrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 01–08.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: (Effect of Service Quality, Product Quality, and Price on Consumer Satisfaction). EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.

Bakti, U., Loliyani, R., Isabella, A. A., Loliyana, R., & Adelita, I. (2024). The Influence of Brand Image and Digital Marketing on Consumer Purchasing Decisions (Case Study on Roja Bouquet Flower Shop). International Journal of Economics (IJEC), 3(2).

Basiya, R., Ayuningtyas, H., & Rozak, A. (2012). Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Dinamika Kepariwisataan, 2(11), 1–12.

Christhoper, G. P., & Christian, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Makanan Tradisional Di Mey’S Kitchen. Performa, 7(1), 104–120.

Darmawan, D. (2006). Metodelogi Penelitian Sebuah Pengantar. Metromedia Mandiri Pustaka, Surabaya.

Darmawan, D. (2008a). Dasar-dasar Pemasaran. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D. (2008b). Psikologi Konsumen. Addar Press, Jakarta.

Darmawan, D. (2009a). Metode Penelitian dan Teknik Praktis Menulis Karya Ilmiah. Metromedia Education, Surabaya.

Darmawan, D. (2009b). Pemasaran Jasa. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Darmawan, D. (2014). Perilaku Konsumen. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179–186.

Darmawan, D., Genua, V., Kristianto, S., Murdaningsih, & Hutubessy, J. I. B. (2021). Tanaman Perkebunan Prospektif Indonesia. Penerbit Qiara Media, Pasuruan.

Darmawan, D., Sari, P. N. L., Jamil, S. A., & Mardikaningsih, R. (2023). Penerapan Manajemen Strategi: Kontribusi Orientasi Pasar dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM. Journal of Management and Economics Research, 1(2), 64–70.

Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung pada Seluruh Gerai- Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288 – 2297.

Fahmi, I., & Jahroni, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Le Minerale di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 9–18.

Fairuz, A. F., & Nurjanah, S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Sari Roti. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(4), 4442–4466.

Ferrinadewi, E., & Darmawan, D. (2004). Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Universitas Atmajaya.

Ginting, I. R. S., Sugianto, & Hasibuan, R. R. A. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus: Mie Ayam Jamur Haji Mahmud S). Jurnal Emba Review, 2(2), 421–428.

Halizah, S. N., & Darmawan, D. (2023). Strategi Keuangan Unggul: Membedah Peran Ekonomi Keluarga dan Gaya Hidup dalam Menentukan Minat Menabung di Kecamatan Waru, Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 42–51.

Halizah, S. N., Chasanah, U., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Bisnis Kuliner melalui Optimalisasi Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 3(01), 85–100.

Hardiyanti, M. T., & Darmawan, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Sandal di Surabaya: Harga, Distribusi, dan Gaya Hidup. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 332–345.

Iltiham, F. M., & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Harga Pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 311–326.

Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023). The Effectiveness of Free Halal Certification Services Through the Scheme Self Declare for SMEs in Lampung Province. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), 532-540.

Iskandar, M., & Darmawan, D. (2003). Strategi Pemasaran. IntiPresindo Pustaka.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.

Khayru, R. K., Wisnujati, R. N. S., Darmawan, D., & Issalillah, F. (2021). Pengamatan Loyalitas Merek Obat Herbal Berdasarkan Kemasan dan Harga. Jurnal Simki Economic, 4(2), 121–132.

Kholil, A. W. A., Fawa’id, M. W., & Hidayah, L. (2021). Pengaruh Harga dan Label Halal Terhadap Minat Beli Roti Naf’a di Kecamatan Kepung Kediri. Jurnal Qawanin, 5(1), 67–82.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Person Education, New Jersey.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Person Education, New Jersey.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2007). Pemasaran (1st ed.). Salemba Empat, Jakarta.

Lestari, U. P., Masithoh, N., Halizah, S. N., Retnowati, E., Hidayatullah, A., Munir, M., & Mardikaningsih, R. (2021). Pengamatan Terhadap Perilaku Pembelian Tiket: Mengungkap Faktor-Faktor Menarik Yang Mempengaruhi Niat Beli Tiket Pada Situs Traveloka di Kota Surabaya Melalui Kepercayaan dan Kredibilitas Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–60.

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi, dan Kelompok Acuan terhadap Minat Kunjung Kembali Tujungan Plaza Surabaya. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 43–48.

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 371–386.

Mardikaningsih, R., Halizah, S. N., Hardyansah, R., Jahroni, J., & Darmawan, D. (2024). Strategic Approach to Enhancing MSME Competitiveness Through The Implementation of Sharia Economic Principles. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 5(1), 1–6.

Marwanti, M. (1993). Mengkonsumsi Makanan yang Aman. Cakrawala Pendidikan, 12(1), 53–65.

Masrifah, M., & Darmawan, D. (2023). Keputusan Pembelian Helm: Analisis Pengaruh Harga, Kelompok Acuan, dan Persepsi Risiko. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 291–304.

Pewarta, B., Andhika, B., Farida, N., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Pizza Hut Buaran Plaza Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 730–738.

Pohan, I., Ambarita, R., & Hasibuan, N. (2023). Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sehat Bakery Sibulan Indah. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 66–74.

Prihatini, W., & Gumilang, D. A. (2021). The Effect of Price Perception, Brand Image and Personal Selling on the Repurchase Intention of Consumers B to B of Indonesian General Fishery Companies with Customer Satisfaction as Intervening Variables. European Journal of Business and Management Research, 6(2), 91–95.

Purnamasari, E., Darmawan, D., & Baskara, D. (2002). Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 34–46.

Putra, A. R., Ernawati, E., Jahroni, J., Anjanarko, T. S., & Retnowati, E. (2022). Creative Economy Development Efforts in Culinary Business. Journal of Social Science Studies (JONasional Terakreditasi Sinta, 2(1), 21–26.

Putri, R. F. W., & Darmawan, D. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Helm Di Kota Surabaya: Harga, Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Kualitas Produk. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 159–171.

Qolbi, N. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Pada Pizza Hut Batu Aji Batam. Jurnal Mandiri, 1(2), 21–27.

Retnowati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2021). Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kualitas Produksi dan Harga. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1381–1388.

Riana, Z., Tannady, H., Diawati, P., Bambang, & Suhardi, D. (2023). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Service Quality Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Makanan Berbasis Ayam Olahan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 547–554.

Roza, T. A., Gunawan, Masyithah, S. M., Musnida, & Juned, V. (2022). The Effect of Price, Product Quality, and Location on Consumer Buying Interest at Pak Nu’s Meatball Stall in Banda Aceh. International Journal of Seocology, 3(3), 79–87.

Sinambela, E. A. (2024). Penetapan Harga dan Inovasi Produk Sebagai Keunggulan Kompetitif Pada UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 1–8.

Stanton, W. J. (1998). Prinsip Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sugiarto, U. B., & Subagio, H. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Sphere Terhadap Minat Beli Di Dream Of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.

Surahmah, S., & Masnawati, E. (2024). Persepsi Kualitas, Efektivitas Pemasaran, Minat Beli Konsumen dan Merek Dalam Peningkatan Penjualan Produk Skincare Scarlett. JoSES: Journal of Sharia Economics Scholar, 2(2), 1–5.

Surya, A. (2023). Navigating the Nexus: Exploring the Relationship between Intellectual Capital, Financial Performance, and Firm Value. Shirkah: Journal of Economics and Business, 8(3), 299-308.

Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 2(1), 1–12.

Tania, E. A., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi, Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84.

Wardhana, B. R. P., Ratnasari, R., & Sinambela, E. A. (2020). Analisis Kelengkapan Produk, Persepsi Harga, Citra Bisnis, Posisi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. EMAS : Jurna Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 19–36.

Wibowo, M. E., Daryanto, A., & Rifin, A. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional). Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 29-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.