Pengaruh Lokasi terhadap Minat Berkunjung di Wisata: Literature Review
Abstract
Studi literatur ini menganalisis hubungan antara lokasi dan minat masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata. Metodologi penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui lokasi terhadap minat berkunjung di wisata. Studi literatur meliputi analisis teoritis, rujukan bibliografi dan berbagai literatur ilmiah tentang budaya, nilai, dan norma terkait kegiatan kepariwisataan yang menjadi fokus penelitian ini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lokasi memainkan peran yang sangat penting dalam memengaruhi minat seseorang untuk berkunjung, terutama di kalangan para wisatawan. Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah wisatawan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan potensi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana lokasi mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung. Dan diharapkan ini bisa menjadi pertimbangan bagi para pengelola wisata. Karena semakin baik lokasi dari wisata itu sendiri, maka akan semakin baik pula minat seseorang untuk mengunjungi wisata.
Full Text:
PDFReferences
Amrullah, M. (2018). pengaruh Promosi, City Branding, Daya Tarik Wisata, dan Lokasi terhadap Minat Wisatawan Berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Tesis, Universitas Wiraraja.
Ana, R., Farida, U., & Setiawan, F. (2023). Pengaruh Fasilitas, Lokasi, dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Pantai Tanjung Belandang Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1329–1340.
Andriyani, F., & Triyanto, T. (2019). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Taman Satwa Taru Jurug Surakarta. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 1–13.
Arifin, S., Eka, M. D., Arifiana, A., Fitaloka, E. D., Fitri, R., Sinambela, E. A., & Lestari, U. P. (2023). Exploring Determining Factors: Revisitation Intention Influenced by Environmental Knowledge, Accessibility Quality, Attractiveness, and Social Media. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 32–45.
Awaluddin, A., & Haryanti, I. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Water Boom Arema Raya Kota Bima. Manajemen Dewantara, 5(2), 93–105.
Bakti, U., Loliyani, R., Isabella, A. A., Loliyana, R., & Adelita, I. (2024). The Influence of Brand Image and Digital Marketing on Consumer Purchasing Decisions (Case Study on Roja Bouquet Flower Shop). International Journal of Economics (IJEC), 3(2).
Bolang, H. E., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Lokasi dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Makatete Hill’s Desa Warembungan. Jurnal EMBA, 9(1), 1360–1370.
Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Puspar UGM, Yogyakarta.
Darmawan, D. (2006). Metodelogi Penelitian Sebuah Pengantar. Metromedia Mandiri Pustaka, Surabaya.
Darmawan, D. (2009). Metode Penelitian dan Teknik Praktis Menulis Karya Ilmiah. Metromedia Education, Surabaya.
Darmawan, D., Purwanto, F., Jahroni, J., & Infante, A. (2021). The Relationship Between Satisfaction and Loyalty of Hotel Service Users in the Tourism City of Batu, Malang. Journal of Engineering and Social Sciences (JESS), 1(2), 49–56.
Fajrin, R. A., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan X111. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 40–47.
Faramedina, N., Arintawati, M. L. D., & Hariani, M. (2024). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Alun-Alun Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–14.
Fatmawaty. (2021). Pengaruh Produk Wisata, Harga, dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Parang Tenggiri Sungailiat Bangka. Disertasi, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Halizah, S. N., & Darmawan, D. (2023). Development Entrepreneurship Intention as an Effort to Improve the Level of the Consumer Household Economy. Bulletin of Science, Technology and Society, 2(1), 21–25.
Hidayanti, A. A., & Mashudi, L. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 129–144.
Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Aristanto, E., Waris, A., & Patalo, R. G. (2020). Peran Sistem Informasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Entrepreneurial marketing serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Generasi Milenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(1), 74–83.
Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023). The Effectiveness of Free Halal Certification Services Through the Scheme Self Declare for SMEs in Lampung Province. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), 532-540.
Iskandar, M., & Darmawan, D. (2003). Strategi Pemasaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Isnaini, N. R., Putri, D. A., & Hariani, M. (2024). Peran Aksesibilitas dan Pengalaman Dalam Niat Berkunjung Kembali di Siola Surabaya. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 55–63.
Khairi, M., & Darmawan, D. (2021). The Relationship Between Destination Attractiveness, Location, Tourism Facilities, and Revisit Intentions. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(1), 39–50.
Kiswanto, A. H. (2011). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Obyek wisata Dampo Awang Beach Rembang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Person Education, New York.
Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (1995). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Education.
Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi, dan Kelompok Acuan terhadap Minat Kunjung Kembali Tujungan Plaza Surabaya. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 43–48.
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 173–178.
Mardikaningsih, R., Arifiana, A., Fahriza, F., Faramedina, N., & Dina, E. (2023). Pengaruh Motivasi Belanja, Citra Destinasi, Dan Pengalaman Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Pusat Pembelanjaan. Jurnal Baruna Horizon, 6(1), 14–21.
Meliantari, D., & Apriani, A. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung ke Kampung Cibarengkok. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1562–1569.
Naimah, H., Arifin, H. R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Lokasi, dan Harga Terhadap Minat Berkunjung (Studi Kasus Pengunjung Cafe Sawah Puion Kidul). Jurnal Riset Manajemen, 9(18), 78–92.
Pradana, W. I. M., & Mahendra, G. K. (2021). Analisis Dampak Covi-19 Terhadap Sektor Pariwisata di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul. Journal of Social Politics and Governance, 3(2), 73–85.
Prasetyo, I. (2024). Pengaruh City Branding, Persepsi Wisata dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kawah Ijen Banyuwangi. Journal Of Management, 05(01), 26–37.
Purba, L. M., & Simarmata, G. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya Terhadap Daya Tarik dan Minat Berkunjung ke Wisata Percut. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 106–117.
Putra, A. R., Arifin, S., Jahroni, J., Munir, M., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Studi Tentang Perilaku Pembelian Rumah Tipe 36 Di Kabupaten Sidoarjo yang Ditinjau dari Faktor Harga, Lokasi Dan Promosi. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 1(3), 68–83.
Putra, A. R., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Khairi, M. (2021). The Effect of Attractiveness and E-Wom on Tourist Interest to The City of Batu. Journal of Science, Technology and Society (SICO, 2(2), 25–36.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. PT Indeks, Jakarta.
Sinambela, E. A. (2021). Examining the Relationship Between Tourist Motivation, Touristic Attractiveness, and Revisit Intention. Journal of Social Science Studies (JOS3), 1(1), 25–30.
Sucipto, W. (2020). Pengaruh E-Promotion, Daya Tarik Wisata dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung pada Cave Laut Semare Kecamatan Kraton Pasuruan. Tesis, Universitas Yudharta.
Surya, A. (2023). Navigating the Nexus: Exploring the Relationship between Intellectual Capital, Financial Performance, and Firm Value. Shirkah: Journal of Economics and Business, 8(3), 299-308.
Syahrul, A. R. (2015). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, dan Aksesbilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali ke Aloita Resort Kab. Kep. Mentawai. Jurnal Pelangi, 7(1), 72–74.
Tania, T. L., & Sinambela, E. A. (2022). Sustainable Tourism: Policy Directions. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 11–14.
Tzeng, G. H., Teng, M. H., Chen, J. J., & Opricovic, S. (2002). Multicriteria Selection for a Restaurant Location in Taipei. International Journal of Hospitality Management, 21(2), 171–187.
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Andi Offset, Yogyakarta.
Windhiyastiti, I., Hidayatullah, S., & Khouroh, U. (2019). How to increase city investment attraction. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1070–1073.
Refbacks
- There are currently no refbacks.