Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia

Dela Novita Sari, Muhammad Iqbal Fasa, Suharto Suharto

Abstract


Perkembangan perbankan syariah di era digital memberikan peluang dan tantangan bagi keberadaannya. Maka pihak bank syariah harus bisa menggunakan peluang yang ada dengan sebaik mungkin, yaitu dengan cara meningkatkan strategi pemasaran di era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konten Instagram Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu wujud ekonomi kreatif dalam pemasaran bank syariah untuk menarik minat calon nasabah dengan digital marketing dan juga untuk mengetahui faktor penghambat dalam strategi pemasaran yang dilakukan. Teknik pengumpulannya melalui dokumentasi yang tersedia di postingan Instagram Bank Syariah Indonesia. Analisa data dengan menggunakan deskriptif kualitatatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten-konten Instagram yang disajikan BSI adalah strategi pemasaran bank syariah dalam menarik minat calon nasabah di era digital dapat dilakukan dengan strategi marketing media sosial, kreativitas promosi dengan membuat content creative yang menarik dan menyajikan informasi terkait produk-produk Bank Syariah Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Akhiyar, D., Sari, V. N., & Muhammad, A. (2019, December). PEMBANGUNAN DIGITAL PEMASARAN PRODUK & JASA KREATIF PROVINSI SUMATERA BARAT. In MARKETING Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 99-107).

Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Info Singkat: Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(3), 19-24.

Annadafah, A., & Muayyad, U. (2022). Penggunaan Digital Marketing di PT Bank Syariah Indonesia dengan Pendekatan Search Engine Optimization (SEO). Alkasb: Journal of Islamic Economics, 1(1), 90-106.

Anggraeni, T. N. (2021). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat nasabah dalam penggunaan produk: Studi pada Bank Syariah Indonesia KC Malang Soekarno Hatta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57-71.

Fahlevi, R. (2020). EFEKTIVITAS PEMASARAN BANK SYARIAH MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI INDONESIA” (Studi Kasus pada PT. BNI Syariah). Paradigma , 17 (1), 1-15.

Larasati, P. K. P. (2021, February). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 126-133).

Mahargiyantie, S. (2020). Peran Strategis Bank Syariah Indonesia Dalam Ekonomi Syariah Di Indonesia. Al-Misbah, 1(2), 199-208.

Nabil, M., & Sugandi, G. (2021). Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM@ GRIIZELLE. ID).

Nandaryani, N. W., Santosa, N. A., & Putra, I. P. D. A. (2021, April). ANALISIS DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI@ SAYURBOXBALI. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 4, pp. 407-415).

Ningrum, E. R. P. (2021). Strategi Digital Marketing dalam Peningkatan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Nurcahyani, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Bank Syariah Badan Usaha Milik Negara Di Yogyakarta.

Nurmala, E., Maslichah, M., & Mawardi, MC (2022). STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN NASABAH DI BANK MUAMALAT SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank Muamalat Kota Malang Saat Pandemi Covid-19). El-Aswaq: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam , 3 (2).

Putri, D. A. R., & Rachmawati, L. (2022). Analisis Tingkat Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1), 1-12.

Rachmawaty, A. (2021). Strategi Pemasaran Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) , 7 (1), 39-51.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Surahman, S., & Rully, R. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram@ salman_al_jugjawy. Nyimak: Journal of Communication, 3(1), 15-29.

Susanti, D., & Lubis, H. Strategi Pemasaran Bank Syariah DalamMeningkatkan Minat Generasi Milenial di Era Digital. ISLAMIC BUSINESS and FINANCE (IBF), 2(2).

Tasruddin, R. (2021). Tren Media Online Sebagai Media Promosi. Jurnal Mercusuar, 2(1).

Wati, A.P., Martha, J.A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.