Sistem Pengambilan Keputusan Karyawan Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) pada Pada PT. Mandiri Tunas Finance Bandar Lampung

Eva Itma Anna, Hilda Dwi Yunita, Pitri Aulia

Abstract


PT. Mandiri Tunas Finance adalah subsidiaries (anak perusahaan) dari PT Bank Mandiri Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan. Hingga saat ini MTF merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia yang telah banyak membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan mobil impiannya dan membantu para pelaku usaha untuk meraih modal usaha. Saat ini dalam menentukan karyawan terbaik belum optimal atau masih secara manual yang dicatat di sebuah buku besar untuk dijadikan laporan akhir setiap bulannya. Dokumen tertulis yang menyulitkan pimpinan direksi dalam mengambil suatu kebijakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Banyaknya data yang ter-catat dibuku menyebabkan penumpukan data.  Lambatanya proses pembuatan laporan penilaian karyawan terbaik karena penumpukan data. Terdapat lima kriteria utama yang digunakan dalam pemilihan karyawan terbaik ini, yaitu Kehadiran, Loyalitas, Kinerja, Kedisiplinan, dan Target Marketing. Sistem penunjang keputusan (SPK) merupakan salah satu bagian dari sistem infomasi yang telah banyak diterapkan untuk memudahkan pengambilan kepu-tusan baik untuk jangka pendek, menengah, ataupun panjang. Penelitian ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Kosep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alter-natif pada semua atribut.

Full Text:

PDF

References


Amida, S. N., & Kristiana, T. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Metode Topsis. JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), 2(3), 193-201.

Andi, Kristanto. 2018. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya.

Yogyakarta: Gava Media.

Andrianto, C. B., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2017). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Di Smp Muhammadiyah 2 Kalasan. Respati, 12(4).

Arifin, N. Y., Kom, S., Kom, M., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Kom, M., & Kom, M. (2022). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Cendikia Mulia Mandiri.

Buku Pedoman PT Mandiri Tunas Finance, 2020

Destriana, R., Kom, M., Husain, S. M., Kom, S., Handayani, N., Kom, M., ... & Kom, S. (2021). Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase" Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah". Deepublish.

Dewi, E. H. K., Pratama, I. S., Putera, A. S., & Carudin, C. (2022). Black Box Testing pada Aplikasi Pencatatan Peminjaman Buku Menggunakan Boundary Value Analysis. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 6(3), 315-324.

F, Rivai. (2018). Pengaruh Role Stress, Self Efficacy, Adaptability, Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania Samarinda. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim.

Febriani, E., & Muslih, M. (2021, September). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). In Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra (Vol. 1, No. 01, pp. 36-42).Habibi, R., Putra, F. B., & Putri, I. F. (2020). plikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP (Vol. 1). Kreatif.

Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. LP2M Press IAIN latiga.

Qiyamullaily, A., Nandasari, S., & Amrozi, Y. (2020). Perbandingan penggunaan metode SAW dan AHP untuk sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru. Teknika: Engineering and Sains Journal, 4(1), 7-12.

Remawati, D., & Wijayanto, H. Buku Ajar. Web JSP dengan database MySQL. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro.

Rianto, Indra. 2021. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Lakeisha. Jakarta.

Siregar, R. M., & Roestam, R. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Pada Bank BNI Kota Jambi Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 268-277.

Soulfitri, F. (2019). Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu). Ready Star, 2(1), 240-246.

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:

Informatika Bandung.

Sukiakhy, K. M., Jummi, C. V. R., & Utami, A. R. (2022). Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada PT. Cindyani Tiwi Lestari. Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer, 7(1), 13-22.

Yulianti, S. (2021). Perancangan Aplikasi Perpustakaan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Depok Berbasis Java. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(01), 84-90.

Yulisman, Y., & Wahyuni, R. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan Dengan Metode SAW Pada PT. Delima Makmur Aceh Singkil. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(2), 78-90.

Zamzami, E. M. (2020). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD.

Zumarniansyah, A., Ardianto, R., Alkhalifi, Y., & Azizah, Q. N. (2021). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 75-81.




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v5i1.1596

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v5i1.1596.g1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id