Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Kue Dapur Bunda di Platform E-Commerce

Sri Ipnuwati, Sri Surya Mandala, Khurani Khurani, Yodhi Yuniarthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital guna mengatasi tantangan persaingan pasar dan keterbatasan jangkauan penjualan UMKM Kue Dapur Bunda, yang menjual berbagai produk kue kering dan makanan ringan tradisional (seperti Kaastangel, Nastar, dan Pempek). Studi ini didorong oleh kebutuhan mendesak untuk membangun infrastruktur digital yang optimal guna memaksimalkan potensi pasar online. Metode pengembangan sistem yang diterapkan adalah Waterfall, yang memberikan kerangka kerja terstruktur, dengan perancangan sistem dimodelkan secara terperinci menggunakan Unified Modeling Language (UML), termasuk Sequence Diagram untuk memodelkan perilaku transaksi login. Pelaksanaan penelitian menghasilkan sebuah platform e-commerce berbasis website yang menyediakan fungsionalitas lengkap untuk dua peran utama: Konsumen (mempermudah penelusuran produk, manajemen keranjang, dan penyelesaian pembayaran) dan Admin (mempermudah pengelolaan produk, data pesanan, verifikasi pembayaran, dan pelaporan). Pengujian fungsionalitas sistem dilaksanakan pada seluruh kasus uji menggunakan metode Black-Box Testing, dan hasilnya menunjukkan tingkat keberhasilan fungsionalitas sebesar 100% Valid, yang membuktikan sistem telah berjalan sesuai spesifikasi rancangan. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa platform e-commerce yang telah terimplementasi dan Valid ini terbukti efektif dalam mendukung strategi pemasaran digital Kue Dapur Bunda. Sistem ini memberikan Kemudahan Akses dan User Experience (UX) yang optimal bagi pembeli melalui alur transaksi yang lancar, sekaligus meningkatkan efisiensi kerja internal dan akurasi data bagi Admin. Dengan demikian, implementasi ini secara signifikan mengoptimalkan potensi pertumbuhan dan konversi penjualan Kue Dapur Bunda, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing UMKM di pasar digital.

Full Text:

PDF

References


P. K. Perdagangan, “Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023,” 2024.

PPID Operator, “Lampung Masuk Provinsi Pelaku Usaha E-Commerce Terbanyak.” [Online]. Available: https://ppid.lampungprov.go.id/detail-post/Lampung-Masuk-Provinsi-Pelaku-Usaha-E-Commerce-Terbanyak#

S. M. Sugiyanti Leni, Rabbil Zenia Melyona, Oktavia Citra Kamilah, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Di Indonesia,” AL-IQTISHAD J. Perbank. Syariah dan Ekon. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 45–59, 2024, doi: 10.47498/iqtishad.v2i2.3753.

N. Sikki, Y. Yuniarsih, and A. Sundari, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan El Nuby Arabic Shop,” Masy. Univ. Sahid Surakarta, vol. 1, no. 1, pp. 360–371, 2021.

N. S. Jatmiko, “Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM,” Plakat J. Pelayanan Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 253, 2022, doi: 10.30872/plakat.v4i2.8955.

M. A. Sifwah et al., “MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Mudrika Aqillah Sifwah, vol. 2, no. 1, pp. 109–118, 2024, [Online]. Available: http://rayyanjurnal.com/index.php/mantap/article/view/1592

A. Andirwan, V. Asmilita, M. Zhafran, A. Syaiful, and M. Beddu, “Strategi Pemasaran Digital : Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital,” JIMAT J. Ilm. Multidisiplin Amsir, vol. 2, no. 1, pp. 155–166, 2023, [Online]. Available: https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/abrj/article/view/405

D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha ‘Kremes Ubi’ di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang),” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. XII, no. 1, pp. 17–22, 2021.

F. N. Anggraini Engla, “Strategi Pemasaran Digital yang Efektif untuk Platform E-commerce,” Toffeedev, vol. 8, no. 2, pp. 47121–47126, 2024, [Online]. Available: https://toffeedev.com/blog/digital-marketing/strategi-pemasaran-digital/#5_Influencer_Marketing

M. R. Ridha, “Analisis Prototype Permen Glow Candy dan Strategi Pemasaran,” LANDMARK(Jurnal Pengabdi. Masyarakat), vol. 2, pp. 90–94, 2024, [Online]. Available: http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/landmark/article/view/3985%0Ahttp://ejournal.unisi.ac.id/index.php/landmark/article/download/3985/1797

K. A. D. Alverina Cathlin, Utami Whidya, “Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Bakery Tenggilis,” J. Bisnisman Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 73–94, 2024, doi: 10.52005/bisnisman.v6i1.215.

R. Nabawi, B. G. Tarigan, P. B. Saputra, and Sukmadiningtyas, “Perancangan Mobile App Digital Marketing Milkyo dengan Metode Prototype Design,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 1233–1244, 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i2.640.

D. F. F. D. Butar-butar, “Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah,” J. Visi Ekon. Akunt. dan Manaj., vol. 6, no. 2, 2024, [Online]. Available: https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/223/186

A. Santoso, Saputra Endra, Rohminatin, “Pengembangan Sistem E-Commerce Berbasis Web Untuk UMKM Di Indonesia,” J. Teknol. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 203–212, 2025, doi: 10.56854/jtik.v3i2.357.

Muhamad Ramdan Asep; Siwiyanti Leonita; Komariah Kokom; Saribanon Euis, Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Haura Utama, 2023.

K. D. Deni, Pengantar Pemasaran Kontemporer. Jagakarsa, Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat, 2025.

Y. S. M. S. Miah, Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media, 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_dan_Strategi_Pemasaran/pZu-DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

S. Mukodimah, S. Ipnuwati, I. Ayu, and P. Anggie, “HOME INDUSTRI KERUPUK SINGKONG DI DESA,” vol. 6, no. 2, pp. 79–91, 2025.

K. T. K. P. S. N. Khalifah, Pemasaran Digital : Strategi dan Teknik untuk Era Online. Padang: TAKAZA INNOVATIX LABS, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=tkAxEQAAQBAJ&pg=PR7&dq=definisi+pemasaran+digital&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwjJ__6nvaqOAxUqzTgGHZ83Ky8Q6AF6BAgKEAM#v=onepage&q=definisi pemasaran digital&f=false

A. R. M. I. D. P. A. P. N. T. R. P. H. T. R. V. Y. I. R. S. Y. A. A. P. S. A. S. M. F. A. F. S. Erni, Dasar-Dasar Marketing. Bali: Intelektual Manifes Media, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/DASAR_DASAR_MARKETING/7WzEEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=dasar-dasar+marketing&pg=PA17&printsec=frontcover

S. Mukodimah, S. Ipnuwati, S. A. Chelvina, P. Studi, and S. Informasi, “Enterprise Architecture Planning Sebagai Strategis Manajeman Sistem Informasi Pemasaran Umkm Ibu,” J. Multimed. dan Android, vol. 5, no. 2, 2024.

E. B. Alexius, Analisis Bisnis E-Commerce. Malang: Media Nusa Creative, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=fPNIEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=e-commerce+adalah&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwifgc6BxKqOAxXnxDgGHXpRMfoQ6AF6BAgEEAM#v=onepage&q=e-commerce adalah&f=false

U. M. M. D. M. J. S. S. G. I. M. H. R. M. E. S. I. N. L. L. M. A. R. W. E. P. A. B. Eka, Manajemen Pemasaran E-Commerce. Padang: CV. Gita Lentera, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_E_Commerce/U2jeEAAAQBAJ?hl=id

A. A. F. Al Rizky, Pengantar E-Commerce Bussines di Era Digital. Jawa Tengah, Kaliwedi: Wawasan Ilmu, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_E_Commerce_Business_di_Era_Dig/a3pcEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Utami Ruli; Praba Putu Santika; Fauzan Muhammad Ahnaf; Umar Najirah; Firsta Gabriel Adnyana; Pradnyana I Made Ardwi; Adi Jaya Noppi I Kadek; Purbaya Eka Muhammad; Rasyid Rasmiati, Buku Ajar Analisis Perancangan Sistem. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

S. Ferry, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: DEEPUBLISH PUBLISHER, 2021.

Made I Wartana; Ardita Michael, MENGENAL TEKNOLOGI INFORMASI. Malang: Media Nusa Creative, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/MENGENAL_TEKNOLOGI_INFORMASI/rHNMEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Haryodi Kristianto, Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula Bahas Tuntas Pemrograman Web Dari Awal Sampai Jago. Anak Hebat Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_Pemrograman_Web_Untuk_Pemula/VvMaEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Arifin Oki; Murnawan; Pandia Mahdianta; Oktodeli Daniel Sihombing; Fahturrozi Muhammad; Sepriano; Lutfi, Buku Ajar Pemrograman Web. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Pemrograman_Web/q9sKEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+website&pg=PA1&printsec=frontcover

F. P. W. W. S. P. Y. D. A. M. I. A. Y. F. S. A. N. A. C. T. S. I. K. N. F. A. F. A. K. A. R. A. M. Sri, Pemrograman WEB Dasar. Kebumen, Jawa Tengah: PT. Global Teras Fana, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_WEB_Dasar/75BfEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+website&pg=PA113&printsec=frontcover

K. R. H. R. N. M. Fauzan, Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring progres pekerjaan dan evaluasi pekerjaan pada job desk operational human capital menggunakan metode naive bayes. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Tutorial_membuat_aplikasi_sistem_monitor/29f9DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Hafni; Irwan; Zen Muhammad; Rizki Muhammad, Pencatatan Kreatif Siswa Berbasis Android. PT. Serasi Media Teknologi, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pencatatan_Kreatif_Siswa_Berbasis_Androi/prk0EQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+waterfall&pg=PA33&printsec=frontcover

Fathoni Ahmad, Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Layanan Konseling Sufistik Menggunakan Expert System. Penerbit NEM, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Laboratorium_Virtual_untuk/zs4DEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Ekowati Maria Atik Sunarti, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Bekasi: PT. Kimhsafi Alung Cipta, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Analisa_dan_Perancangan_Sistem_Informasi/qhZZEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+waterfall&pg=PA55&printsec=frontcover

B. Fachri, D. D. S. Bazikho, F. S. Susilo, S. Komputer, U. Pembangunan, and P. Budi, “Metode Waterfall Berbasis Wordpress,” Juktisi (Jurnal Komput. Teknol. Inf. Sist. Komputer), vol. 3, no. 2, pp. 723–730, 2024.




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v6i2.2179

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v6i2.2179.g1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id