Sistem Informasi Promosi Dan Penerimaan Siswa Non-Formal PKBM Cakrawala

Siti Mukodimah, Ifan Suhanda, Khozainuz Zuhri

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cakrawala masih mengandalkan metode manual dalam proses promosi dan penerimaan siswa baru menggunakan media cetak dan formulir fisik, yang menyebabkan keterbatasan jangkauan informasi, ketidakefisienan waktu, dan potensi kesalahan administrasi. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan sistem informasi berbasis website untuk meningkatkan efektivitas promosi dan efisiensi pengelolaan data pendaftar di PKBM Cakrawala. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Waterfall, meliputi tahap analisis sistem, perancangan sistem menggunakan DFD, ERD, dan Flowchart, implementasi dengan PHP dan MySQL, serta pengujian menggunakan Black Box Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem berhasil dikembangkan dengan dua fungsi utama: (1) media promosi digital dengan tampilan responsif dan mobile-first design, dan (2) platform penerimaan siswa online yang memungkinkan pendaftaran, unggah dokumen, dan pemantauan status secara real-time. Pengujian terhadap 15 fitur utama sistem menunjukkan seluruh fungsi berjalan valid sesuai spesifikasi. Sistem ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi administrasi, memperluas jangkauan promosi, mempermudah akses informasi bagi masyarakat, serta mendukung transparansi dan profesionalitas layanan pendidikan non-formal di era digital

Full Text:

PDF

References


N. F. Kurnianza and D. A. H. Capah, “Perancangan sistem informasi berbasis website untuk pendidikan kelas non formal (kelas kreatif),” JUKOMIKA – J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 277–287, 2020.

Y. F. E. Kora, “Perancangan Sistem Informasi Admisi Sekolah Paket di PKBM Golden Homeschooling Jakarta dengan Platform Website,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Pendidik., 2023.

A. D. Anggraini, “Sistem Informasi Website Pendidikan Non Formal PKBM ADAM Kubu Raya,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., 2025.

A. Mahendra and I. Ahmad, “Pengembangan Sistem Informasi Portal Sekolah Berbasis Website untuk Sekolah PKBM Jejama Pringsewu,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2025.

Armah and Firdaus, Sistem Informasi Manajemen. Prenadamedia Group, 2020.

R. Sari, D. Yuliana, and A. Rahayu, “Implementasi Black Box Testing pada Aplikasi Berbasis Web,” J. Teknol. Inf., 2021.

R. Iano, N. Irsyad, and M. Sabandi, Etika dan Konsep Sistem Informasi Manajemen di Lembaga Pendidikan. Media Akademi, 2021.

M. Ahmad, N. Rahmawati, and H. Syahputra, “Perkembangan Pendidikan Non-Formal di Indonesia,” J. Pendidik. Luar Sekol., 2020.

N. Laila and R. Salahudin, “Pendidikan Non-Formal sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat,” J. Pemberdaya. Masy., 2021.

A. Kurniawan, D. Putra, and M. Siregar, “Penerapan Blended Learning dalam Pendidikan Non-Formal,” J. Teknol. dan Pembelajaran, 2022.

A. Hidayat, S. Army, and A. A. F. Rachman, “Development of a Web-Based New Student Admission Information System,” Int. J. Inf. Syst. Dev., 2023.

D. E. Lagman, L. H. Grefaldo, and J. R. Sarmiento, “Enhancing Student Enrollment Processes Through Online Systems,” J. Educ. Technol. Res., 2024.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill Education, 2020.

R. Wahyuni and M. Nurdiansyah, “Efektivitas Pengujian Black Box dalam Pengembangan Sistem Informasi,” J. Sist. Inf. dan Komput., 2022.

J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2021.

S. Kvale and S. Brinkmann, InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. SAGE Publications, 2022.

J. W. W. Creswell and J. D. Creswell, Research Design and Literature Review Foundations. SAGE Publications, 2021.

A. Maspupah, “Literature Review: Advantages and Disadvantages of Black Box and White Box Testing Methods,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 21, no. 2, pp. 151–162, 2024, doi: 10.33480/techno.v21i2.5776.

T. A. Khan and K. Mustafa, “Black Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems,” IEEE Softw. Eng. J., vol. 35, no. 4, pp. 89–103, 2020.

Pratama and Manurung, “Analisis Penggunaan PHP dan MySQL dalam Sistem Informasi Pendidikan,” J. Sist. Inf. Pendidik., 2022.

D. Wintana, D. Pribadi, and M. Y. Nurhadi, “Analisis Perbandingan Efektifitas White-Box Testing dan Black-Box Testing,” J. Ldng. Artik. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 8–16, 2022, doi: 10.31294/larik.v2i1.1382.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 22–26, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

Kurieta, “Designing Effective Educational Websites for User Engagement,” J. Web Des. Educ., 2023.

S. Gangopadhyay, R. Mehra, and K. Chatterjee, “Security Practices in Digital Learning Platforms,” Inf. Secur. J., 2022.

GeeksforGeeks, “Waterfall Model in SDLC,” 2023.




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v6i2.2185

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v6i2.2185.g1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id