Prototipe Sistem Otomasi Pada Pengisian Depot Air Minum Isi Ulang Berbasis Arduino Uno

Machudor Yusman, Agus Herly Purnama

Abstract


Abstrak

Saat ini sudah banyak dijumpai depot-depot air minum isi ulang, sehingga masyarakat hanya perlu membeli wadah galon yang bisa diisi ulang pada depot-depot pengisian air minum. Pada depot air yang ada, terdapat beberapa kekurangan yang ditemui seperti pengisian masih dikontrol secara manual dengan melihat dan memperkirakan jumlah debit air yang masuk ke dalam kemasan galon. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kelebihan jumlah debit air dan operator tidak dapat melakukan pekerjaan lainnya, seperti mencuci kemasan air yang kosong. Sehingga hal tersebut menyebabkan pelayanan yang kurang baik terhadap pelanggan. Oleh karena itu, penulis mengusulkan suatu sistem Prototipe Sistem Otomasi Pada Pengisian Depot Air Minum Isi Ulang Berbasis Arduino Uno. Bedasarkan hasil perancangan dan pengujian yang telah dilakukan maka sistem yang telah dirancang menggunakan Water Flow Sensor dapat mengurangi pemborosan listrik serta mengurangi pemborosan air yang mengakibatkan kelebihan jumlah debit air, dengan adanya alat yang telah dibuat menggunakan Solenoid Valve dapat memberi solusi pada saat pengisian, kran akan menutup otomatis ketika kedaan pengisian telah selesai dan dengan adanya alat yang telah di buat menggunakan Sensor Ultrasonik,sensor mampu mendeteksi galon ketika pada saat diletakkan

Full Text:

PDF

References


A. Dewantoro, "Prototipe Alat Pengisi Galon Otomatis Pada Depot Air Minum Isi Ulang Berbasis ATmega8," Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2017.

A. Suharjono, L.N. Rahayu, R. Afwah, "Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang," Jurnal TELE, vol. 13, no. 1, pp. 7-12, 2015.

Abdul Wahab, ”Rancang Bangun Pengisian Air Galon Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega16”,Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang 2015

Bekti, "Pentingnya Minum Air yang Cukup Setiap Hari," Medicastore, [Online].

Dwi Purnomo. 2017. Model Pototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.02 Agustus 2017.

F. Geost, "Penjelasan Pengertian Air Menurut Beberapa Ahli," Geologinesia, 20 Desember 2017.

Puji Astuti. 2018. Penggunaan metode black box testing pada sistem akademik (SMA/SMK). Faktor exacta 11 (2): 186-195. 2018.

Rhendy Rhendy, Arif Rahman Hakim 2019. Perancangan Implementasi Keran Air Otomatis Dengan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino . Computer and scince industririal Egineering (COMASIE) 1 (10), 92-101, 2019.

Suendri. 2018. Implementasi Diagram UML ( Unifid Modelling Language) pada Perencanaan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database




DOI: https://doi.org/10.57084/jeda.v2i2.975

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jeda.v2i2.975.g839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi dan Informatika (JEDA)
Program Studi S1 Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia


Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung
HP : 085269945505 (Yodhi Yuniarthe). E-mail: yodhi@umitra.ac.id
HP : 089509553111 (Khozainuz Zuhri). E-mail: zuhri@umitra.ac.id