Hubungan Promosi Makanan pada Aplikasi Pemesanan Makanan Online terhadap Pola Konsumsi Fastfood Remaja di SMA PGRI 1 Kota Bekasi

Nuke Alfiraizy

Abstract


Diet didefinisikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang oleh individu saat makan atau sikap seseorang dalam memenuhi kebutuhannya. Sebagian besar remaja memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti menyukai makanan cepat saji. Makanan cepat saji sering dipesan oleh kalangan remaja menggunakan aplikasi pemesanan makanan online. Pada aplikasi ini para remaja semakin tertarik untuk memesan makanan ditambah dengan banyaknya jenis promo yang ditawarkan pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola konsumsi fastfood pada pemesanan makanannya secara online. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Consecutive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 51,2% siswa pada kategori sering mengkonsumsi fastfood, dan 52,4% siswa dengan pengaruh promosi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara promosi makanan pada aplikasi pemesanan makanan online terhadap pola konsumsi fastfood (p=0,001) remaja di SMA PGRI 1 Bekasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57084/jigzi.v4i1.1107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.