PENGARUH KECERDASAN BUATAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS DALAM MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

Arie Setya Putra, Iin Marliana, Teuku Muhammad Faawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan buatan (AI) terhadap pengambilan keputusan strategis dalam manajemen teknologi informasi. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, penggunaan teknologi AI dapat memberikan wawasan yang lebih tajam dan membantu pengambil keputusan dalam merumuskan strategi yang lebih efisien dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei kepada manajer IT di beberapa perusahaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam pengambilan keputusan strategis memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas keputusan, efisiensi operasional, dan pengelolaan risiko. Dengan demikian, AI terbukti memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan strategi bisnis berbasis teknologi informasi.

Full Text:

PDF

References


Binns, A., Johnson, T., & Thompson, M. (2021). Overcoming the challenges of AI adoption in business. Journal of Business Strategy, 42(2), 34–42.

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2020). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. W. W. Norton & Company.

Company, M. &. (2020). The Future of AI in Business: Insights and Trends.

Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2018). Artificial intelligence for the real world. Harvard Business Review, 96(1), 108–116.

Jahnke, I., & Madlberger, M. (2019). Adoption of artificial intelligence in business: A review and research agenda. Journal of Business Research, 97, 255–267.

Jia, R., Li, Q., & Zhang, X. (2020). Artificial intelligence and its impact on decision-making in enterprises. Journal of Information Technology, 35(2), 123–135.

Nunes, P., Aguiar, A., & Silva, L. (2019). Leveraging AI for strategic business decisions. Business Process Management Journal, 25(3), 567–582.

Sharma, G., & Ghosh, S. (2021). Artificial intelligence and its impact on operational decisions. International Journal of Operations & Production Management, 41(4), 502–517.

Xu, X., & Liu, Y. (2021). AI-driven decision making in business environments: The role of big data analytics. Management Decision, 59(7), 1612–1628.

Yoo, Y., Boland, R. J., Lyytinen, K., & Majchrzak, A. (2018). Digital transformation: An emerging area of research. Information Systems Research, 29(3), 601–614.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.