Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Employee Loyalty Di Badan Pusat Statistik Provinsi Banten

Jaka Dharma Surya, Djaka Adiwinata, Enji Azizie

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap employee loyalty di Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Pusat Statistik Provinsi Banten yang berjumlah 72 dengan menggunakan metode Total Sampling. Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji T dan uji F menunjukan bahwa secara parsial kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap employee loyalty dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee loyalty serta secara simultan kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap employee loyalty.

 

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Employee Loyalty


Full Text:

PDF

References


Adriati, Y. and Mellita, D. (2022) ‘Pengaruh Employee Engagement dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Mitra Badan Pusat Statistik’, Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 10(2), p. 2022.

Alfarobi, M., & Yusda, D. D. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perum Damri Cabang Lampung. Akuntansi, 2(4), 37-43.

Dari, S.W. (2018) Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen OrganisasionalTerhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Pusat Statistik (Bps) Kota Pekanbaru.

Dimas Fajar and Wijaya (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, BEBAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Kasus pada Karyawan Perumda Dharma Jaya).

Febriana, A. and Kustini, K. (2022) ‘DAMPAK KOMPENSASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. BERLIAN MULTI SEJAHTERA’, SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), pp. 656–664.

Ganera, A.D. et al. (2022) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan pada PT Xyz’, KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(4), pp. 5214–5222.

Giovanni, V.F. and Ie, M. (2022) ‘Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan di Industri Kreatif’, Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), p. 232.

Irma Rahmawati, A. (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Tasikmalaya Ahmad Yani).




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v4i2.1307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.