Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Penggunaan Teknologi Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Usaha Pembuatan Gerabah Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Fatih Fuadi, Bayu Saputra

Abstract


Abstrak

Dalam mementukan Kualitas Sumber Daya Manusia, Erri Art Gerabah mencari yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga tidak menghambat proses produksi. Dalam Penggunaan Teknologi Erri Art memilih teknologi sesuai dengan kebutuhan produksi. Permasalahan dalam Penelitian Ini adalah, dalam 3 bulan terakhir produksi gerabah menurun, penurunan ini hampir menyentuh di angka produksi pada tahun 2017 yaitu sebelum menggunakan teknologi, apakah penurunan ini di ka                renakan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Penggunaan Teknologi, Dan bagaimana Kualitas Sumber daya Manusia Dan Penggunaan Teknologi dalam prespektif ekonomi islam.

 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yang mana landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus peneliyian sesuai dengan fakta di lapangan. Dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara, dokumetasi dan observasi untuk memperkuat penelitian yang dilakukan.

 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dalam kelancaran proses produksi gerabah yang menyangkut dua aspek yaitu aspek fisik dan juga aspek non fisik dan menyangkut kemampuan bekerja, berfikir, dan keterampilan. Untuk  penggunaan teknologi teknologi di eri art gerabah sangat berperan penting dalam kelancaran proses produksi, sehingga memudahkan karyawan pada saat memproduksi gerabah. Dalam perspektif ekonomi islam yakni proses produksinya Erri art gerabah sudah menerapkan aspek ekonomi islam yang mengambil konsep keteladanan sifat Rosulullah SAW yaitu shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh. Erri Art gerabah juga mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam secara optimal dan menggunakan teknologi yang tidak bertentangan dengan dasar Alquran.

 

Kata Kunci : Kualitas Sumber Daya Manusia, Penggunaan Teknologi, Kelancaran Proses Produksi.


Full Text:

PDF

References


Fauzi, M. Ihsan Cara Mudah Belajar HRD, (Surakarta: PT Era Intermedia, 2008), hal. 1- 2.

Simbolon, Sahat, “Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komunikasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Alexa Medika Medan,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2021, 48–58.

Firdausy, Carunia Mulya. “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia.” (No Title), 2017.

Hidayat, Irwan Sukses Membangun Indust ri Kreatif, (Yogyakarta: Smart Pustaka, 2015),22

Oktaviani, Deska Nur, Muhamad Azis Firdaus, and Widhi Ariyo Bimo. “Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan.” Manager: Jurnal Ilmu Manajemen 3, no. 1 (2020): 101–13.

Purnomo, Rochmat Aldy. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media, 2016.

Simbolon, Sahat. “Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komunikasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Alexa Medika Medan.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2021, 48–58.

Sugiarti, Rara. “Regenerasi Seniman Batik Di Era Industri Kreatif Untuk Mendorong Pengembangan Pariwisata Budaya.” Laporan Penelitian Pusat Studi Pariwisata LPPM UNS, 2014.

Sugiarti, Rara “Regenerasi Seniman Kerajinan Gerabah di Era Industri Kreatif untuk Mendorong Pengembangan Pariwisata Budaya”, Artikel Publikasi Jurnal 2014, h. 2

Silvia , Jesika,. "Analisis Penggunaan Teknik Dan Teknologi Terhadap Optimalisasi Produksi." Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 9.1 (2020): 58-64.




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v4i2.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.