Pengaruh Store Athmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Notiz Hut Bandar Lampung

Arif Hudal Mustaqim, Yovan Ferdian Adinata, Asri Suryani, Vicky F. Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari dua faktor utama yaitu store atmosphere dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di industri kuliner. Store atmosphere dan kualitas produk diidentifikasi sebagai dua faktor kunci yang dapat memengaruhi perilaku konsumen dan membentuk tingkat loyalitas pelanggan. Store Atmosphere mencakup elemen-elemen visual, auditif, dan olfaktif seperti Stote Exterior, General Interior, Store Layout dan Interior Display yang menciptakan pengalaman belanja yang unik di dalam toko, sedangkan Kualitas Produk merujuk pada standar kualitas dan kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan seperti Performance, Confermance, Features, Reliability dan Aestethic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner online yaitu Google Form sebagai alat pengumpulan data dari responden yang merupakan pelanggan Cafe Notiz Hut Bandar Lampung. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik yang relevan untuk menguji hubungan antara store atmosphere, kualitas produk, dan loyalitas pelanggan. Variabel-variabel kontrol seperti harga juga akan diperhitungkan dalam analisis untuk memastikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang sejauh mana store atmosphere dan kualitas produk dapat memengaruhi loyalitas pelanggan. Implikasi praktis dari temuan ini akan membantu para pemangku kepentingan industri kuliner dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam konteks yang berbeda atau dengan mempertimbangkan variabel tambahan yang dapat memengaruhi loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Store Athmosphere, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Anggito Harahap, A. R., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Layanan Alfagift Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart Garu Ii a Medan. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(4), 28. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1931

Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1).

Aryani, D. N., Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Yanti Setianti. (2023). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2438-2443. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Furoida, F., & Maftukhah, I. (2018). The influence of service quality, brand image, and store atmosphere on customer loyalty through customer satisfaction at indomaret plus jember. Quality - Access to Success, 22(181), 101–104.

Kotler & Keller. (2016). Kotler & Keller - Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).

Listiono, F. I. S. (2015). The Influence of Store Atmosphere on Loyalty of Intervening Variables at Libreria Eatery Surabaya. Journal of Petra Marketing Management, 1(1), 1–9. https://www.neliti.com/publications/133479/pengaruh-store-atmosphere-terhadap-loyalitas-konsumen-dengan-kepuasan-konsumen-s

Listyawati, I. H. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan, citra merek, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada handphone Xiaomi di Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi.

Luh, N., Wulandari, D., Wayan, N., Mitariani, E., Gusti, I., & Imbayani, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Untuk Mendorong Purchase Decision Di El Crudo Canggu. Values, 2(2), 445–456.

Margaretha, F., & Edwin, J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Ganep’s Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1(1), hal.1-6.

Maulidina, H. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN RESPON ANAK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. 2, 1–13.

Nugraha, I. A. (2016). Pentingnya Pemasaran dalam Suatu Usaha Bisnis. Kompasiana Beyond Blogging.

Pirbadi, D. (2014). PENGARUH PRODUCT QUALITY, SERVICE QUALITY, IMAGE TERHADAP LOYALTY MELALUI SATISFACTION PADA RESTORAN SUNDA DI JAKARTA. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(1). https://doi.org/10.25105/jmpj.v7i1.526

Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2004). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(2), 126–136. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.126

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.

Ramadhan, H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang ). Skripsi, 1–81.

SETIAWAN, A. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Dan Inovasi Produk Terhadap keputusan Pembelian Pada Mon Cherie Desserts Bar Bandung. https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/500

Sheppard, B. H., Hartwick, J., & Warshaw, P. R. (1988). The Theory of Reasoned Action: A Meta-Analysis of Past Research with Recommendations for Modifications and Future Research. Journal of Consumer Research, 15(3), 325. https://doi.org/10.1086/209170

Surianti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Produk Floridina. Jurnal Investasi, 4(2), 14. https://doi.org/10.31943/investasi.v4i2.12

Tamher, E. R., Tabelessy, W., & Tahapary, G. (2019). Atmosfer cafe pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan cafe pasir putih di kota Ambon. Jurnal Manajemen SOSO-Q, 7(2).

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. In Yogyakarta Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2014). Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 1(2), 127. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v1i2.13

Yusda, D. D. (2023). Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Fudia bakery bandar Lampung. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 4(1). https://doi.org/10.57084/bej.v4i1.1054




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1352

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1352.g1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.