Pengaruh Store Athmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Notiz Hut Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari dua faktor utama yaitu store atmosphere dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di industri kuliner. Store atmosphere dan kualitas produk diidentifikasi sebagai dua faktor kunci yang dapat memengaruhi perilaku konsumen dan membentuk tingkat loyalitas pelanggan. Store Atmosphere mencakup elemen-elemen visual, auditif, dan olfaktif seperti Stote Exterior, General Interior, Store Layout dan Interior Display yang menciptakan pengalaman belanja yang unik di dalam toko, sedangkan Kualitas Produk merujuk pada standar kualitas dan kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan seperti Performance, Confermance, Features, Reliability dan Aestethic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner online yaitu Google Form sebagai alat pengumpulan data dari responden yang merupakan pelanggan Cafe Notiz Hut Bandar Lampung. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik yang relevan untuk menguji hubungan antara store atmosphere, kualitas produk, dan loyalitas pelanggan. Variabel-variabel kontrol seperti harga juga akan diperhitungkan dalam analisis untuk memastikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang sejauh mana store atmosphere dan kualitas produk dapat memengaruhi loyalitas pelanggan. Implikasi praktis dari temuan ini akan membantu para pemangku kepentingan industri kuliner dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam konteks yang berbeda atau dengan mempertimbangkan variabel tambahan yang dapat memengaruhi loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Store Athmosphere, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Abarca, R. M. (2021). Pengaruh karakteristik kerja dan motivasi kerja terhadap organizational citizenship behavior. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23–37. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4
Agustinar, I. A., Yudhinanto, Y., Ekatama, M. R., Reny, A., Desmon, D., Alie, M. S., & Indriyani, S. (2024). Pengaruh Motivasi, Pengalaman Kerja, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Branch Office Kotabumi Lampung Utara. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 688–695. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12626
Alie, M. S., Hartanto, M. B., & Bakti, U. (2022a). Implementation Information System for Health Faculty Student Admissions in Measuring the Effectiveness of Digital Marketing on the Attractiveness of the Selection of Health Faculties. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.
Alie, M. S., Hartanto, M. B., & Bakti, U. (2022b). Implementation Information System for Health Faculty Student Admissions in Measuring the Effectiveness of Digital Marketing on the Attractiveness of the Selection of Health Faculties. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.
Alie, M. S., Hermansyah, H., Maryana, T., & Oktaria, E. T. (2024). Analysis Of CR, DAR and ROA In Measuring Financial Performance. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13557
Anggito Harahap, A. R., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Layanan Alfagift Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart Garu Ii a Medan. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(4), 28.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan
Anwar, A., Septarina, W., & Hairudin, H. (2022). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Transportasi Udara yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2020. Strategic: Journal of Management Sciences, 2, 77. https://doi.org/10.37403/strategic.v2i2.64
Aprilia, V., Wa, A. R., Alie, M. S., Cn, Y., Hasbullah, H., & Oktaria, E. T. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Jasa Travel Pariwisata Rakata Tour Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 462–473. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12572
Aryani, D. N., Yusda, D. D., Diwyarthi, N. D. M. S., & Setianti, Y. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2438-2443.
Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.
Bakti, U., Hairudin, & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343
Bakti, U., Hairudin, H., & Agustina, M. A. (2023). Analisis Kualitas Produk, Word of Mouth dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplaces Shopee. Strategic: Journal of Management Sciences, 3(2), 83–95.
Bakti, U., Hairudin, H., & Saputra, P. E. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penjualan Pada Ramayana Mall Lampung. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(3), 96–107.
Bakti, U., Novalita, N., & Nata, I. K. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen Pada Market Place Tokopedia (Studi Kasus di Kampus Universitas Mitra Indonesia). Jurnal Signaling, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.56327/signaling.v10i2.1087
Budianto, A., & Surya, A. (2023). Legal Protection for Workers Who Experience Work Accidents in an Employment Law Perspective. Proceedings of the 3rd Multidisciplinary International Conference, MIC 2023, 28 October 2023, Jakarta, Indonesia. Proceedings of the 3rd Multidisciplinary International Conference, MIC 2023, 28 October 2023, Jakarta, Indonesia, Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2023.2341800
Busri, H., & Loliyani, R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Damri Cabang Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.1051
Cn, Y., & Helmita, H. (2023). Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Digitalisasi Pemasaran untuk Kesejahteraan Masyarakat. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.4836
Dermawan, A. R., Silvia, D., & Nugroho, Y. C. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Balai Kampung Sulusuban. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(5), Article 5. https://jurnalhost.com/index.php/jekma/article/view/1093
Desmon, A. S., Subiyantoro, H., & Alie, M. S. (2022). The Influence of Insurance Financial Health Level, Capital Structure, Asset Growth, On Company Net Profit Growth. ICLSSEE 2022: Proceedings of the 2nd International Conference on Law, Social Science, Economics, and Education, ICLSSEE 2022, 16 April 2022, Semarang, Indonesia, 382.
Desmon, A., & Meirinaldi, Y. C. (2022). The Effect of Return on Asset, Return on Equity and Debt to Equity Ratio on the Value of the Manufacturing Firm Listed on Stock Exchange 2015-2019. MIC 2021: Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia, 196.
Desmon, D., Ekatama, M. R., & Desyantama, H. (2022). Analisisfaktor-Faktoryang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.814
Desmon, D., Murti, W., Yolanda, Y., & Surya, A. (2023). Factors Affecting Investment in the Provinces of Sumatra Island. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.12-11-2022.2327357
Desmon, D., Yulistina, Y., & Renandi, R. (2022). Pengaruh Roa, Npm, Der Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Listen BEI. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 27(3), Article 3. https://doi.org/10.32767/jurmek.v27i3.2232
Desmon, Yulistina, & Nadhira, T. S. (2023). Analisis Pengaruh BOPO, NIM dan LDR Terhadap Profitabilitas Bank Yang Terdaftar Pada BEI Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 175–183.
Dewi, A. P., Warisi, D., & Desmon, D. (2023). Pengaruh Cadangan Kerugian Piutang Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.57084/jata.v4i2.1166
Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84
Ekatama, M. R., Desmon, D., Wa, A. R., & Surya, A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan PT. Jumbo Power International. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 9034–9045. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10818
Ekatama, M. R., Isabella, A. A., & Rizky, N. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Mesuji. Seminar Nasional–Universitas Borobudur, 2(1). https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/download/73/66
Ekatama, M. R., Surya, A., Astuty, P., & Alie, M. S. (2022). The Influence of Discipline, Ability, and Incentive to Motivation and Performance of Employee in Pt. IndosatOoredoo, Tbk Bandar Lampung. MIC 2021: Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia, 182.
Ekatama, M., Wa, A., Astuti, P., & Cn, Y. (2022, August 8). The Effect of Motivation, Education Level, And Work Experience on Employee Work Productivity. Proceedings of the 2nd International Conference on Law, Social Science, Economics, and Education, ICLSSEE 2022, 16 April 2022, Semarang, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.16-4-2022.2319721
Febrianti, L., Bakti, U., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 2(2), Article 2. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/1322
Furoida, F., & Maftukhah, I. (2018). The influence of service quality, brand image, and store atmosphere on customer loyalty through customer satisfaction at indomaret plus jember. Quality - Access to Success, 22(181), 101–104.
Hairudin, & Oktaria, E. T. (2024). The Influence Of Service Quality And Facilities On Satisfaction And Their Impact On Loyalty At Natar Medika Hospital. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33884/jimupb.v12i1.7389
Hairudin, H., & Oktaria, E. T. (2022). Analisis Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja Internal dan Motivasi Eksternal Karyawan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i1.1466
Hairudin, H., Oktaria, E. T., & Wenda, W. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v12i1.11522
Hasbullah, H., & Rubiawan, T. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMP Negeri 1 Katibung. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 227–236. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3272
Hasbullah, H., Meidasari, E., & Isabella, A. A. (2022). Kualitas Custumer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada Dealer Yamaha Bahana Pagar Bandar Lampung. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 1(1), Article 1. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/356
Hasbullah, H., Murti, W., Jasin, M., & Nugroho, Y. (2022, January 8). Determinants of Economic Growth and its Impact on Poverty in Lampung Province. Proceedings of the First Multidiscipline International Conference, MIC 2021, October 30 2021, Jakarta, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.30-10-2021.2315855
Helmita, H., Cn, Y., Wa, A. R., Surya, M. R. E., & Indriyani, S. (2023). BIJAK BERINTERAKSI DI MEDIA SOSIAL. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v4i4.108
https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1931
Isabella, A. A. (2022). MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEUR PADA GENERASI MILENIAL DI SMAK SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(5), 248–252. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i5.304
Isabella, A. A. (2024). OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MANAJEMEN PARIWISATA DESA WAY TEBING CEPA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i4.744
Isabella, A. A., & Sanjaya, P. N. (2022). EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN KONSULTAN PENDAMPING UMKM TERHADAP KINERJA UMKM: STUDI KASUS PADA UMKM KABUPATEN MESUJI. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/jm.v16i2.1072
Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023a). Layanan Sertifikasi Halal Melalui Skema Self Declare BPJPH Bagi UMK. https://repository.penerbitwidina.com/ms/publications/567982/layanan-sertifikasi-halal-melalui-skema-self-declare-bpjph-bagi-umk
Isabella, A. A., & Sari, P. N. (2023b). The Effectiveness of Free Halal Certification Services Through the Scheme Self Declare for SMEs in Lampung Province. International Journal of Economics (IJEC), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55299/ijec.v2i2.562
Isabella, A. A., Sari, N. K., & Fariza, D. N. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA PROVINSI LAMPUNG. Jurnal EBI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52061/ebi.v6i2.273
Khoiriah, N., Yusda, D. D., Oktaria, E. T., & Hairudin, H. (2024). Peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Perkembangan UMKM (Studi Kasus Bank BRI Unit Kedaton). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35912/jakman.v5i2.2383
Khoirina, S., & Rini, P. (2022). Pengaruh Laporan Arus Kas Operasi, Investasi, Pendanaan Dan Laba Akuntansi Terhadap Tingkat Likuiditas Pada PT. SEMEN INDONESIA Tbk. TERDAPAT Di Bursa Efek Indonesia Tahun (2013-2020). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 3(02), Article 02. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i02.918
Kolonio, J., & Soepono, D. (2019). Effect of Service Quality, Trust, and Consumer Satisfaction on Consumer Loyalty on Cv. Marine Fiberglass Facilities. Jurnal EMBA, 7(1), 831–840.
Kotler & Keller. (2016). Kotler & Keller - Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid 1. Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.
Listiono, F. I. S. (2015). The Influence of Store Atmosphere on Loyalty of Intervening Variables at Libreria Eatery Surabaya. Journal of Petra Marketing Management, 1(1), 19. https://www.neliti.com/publications/133479/pengaruh-store-atmosphere-terhadap- loyalitas-konsumen-dengan-kepuasan-konsumen-s
Listiono, F. I. S., & Sugiarto, S. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengankepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Libreria Eaterysurabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran PETRA, 1(1).
Listyawati, I. H. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan, citra merek, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada handphone Xiaomi di Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi.
Loliyana, R., Desyantama, H., & Loliyani, R. (2023). Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), Konsep Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Bagi UMK Di Desa Branti Raya Lampung Selatan. VIDHEAS: Jurnal Nasional Abdimas Multidisiplin, 1(1), 130–136.
Loliyani, R., Loliyana, R., & Kumalasari, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Di Balai Desa Wilayah Trimulia Lampung Barat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(01), Article 01. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i01.793
Loliyani, R., Loliyana, R., Desyantama, H., & Isabella, A. A. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK BLK Bandar Lampung Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.573
Luh, N., Wulandari, D., Wayan, N., Mitariani, E., Gusti, I., & Imbayani, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Untuk Mendorong Purchase Decision Di El Crudo Canggu. Values, 2(2), 445–456.
Manik, E., Aisah, A., Terfiadi, S. Y., Jannah, K. D., Ludfi, R., Fatmayati, A., Irawan, A., Karmila, N., Mahadewi, E. P., & Bakti, U. (2023). PRAKTIK DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP. https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/563324/praktik-dan-pengembangan-entrepreneurship
Margaretha, F., & Edwin, J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Ganep’s Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1(1), hal.1-6.
Maulidina, H. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Respon Anak Sebagai Variabel Moderator. 2, 1–13.
Muhadi, M., Hairudin, H., Oktaria, I., & Adelita, I. (2023). Legal Protection in the Application of Fintech in the Digital Age for MSMEs Modernization. International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 1086–1094. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icclb-23/125996745
Nardo, R., Yuliana, L., Ratnasari, K., Nugraha, J., Lasminingrat, A., Kusuma, H. W., Fauziridwan, M., Sudirman, A., Winata, A., & Imron, A. (2024). Branding Strategy di Era Digital. https://repository.penerbiteureka.com/publications/568062/branding-strategy-di-era-digital
Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1).
Nasrudin, D., Nurina, N., Oktavianti, P. R. M., Khamimah, W., Lutfi, L., Ariani, N., Winata, A., Nurhayati, L., Sudirman, A., & Parmita, R. (2024). Kewirausahaan Sosial. https://repository.penerbiteureka.com/publications/569335/kewirausahaan-sosial
Novalita, N., & Bakti, U. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di PT. Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v18i2.841
Nugraha, I. A. (2016). Pentingnya Pemasaran dalam Suatu Usaha Bisnis. Kompasiana Beyond Blogging.
Nurahman, D., Reny, W. A., Desmon, D., & Anisa, N. (2023). The Urgency of Indonesian Collaboration with International Organizations in Terms of Cooperation and Exchange of Information on Economic Crime and Money Laundering. International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 429–436. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icclb-23/125996796
Nurbaidah, R., Bakti, U., & Isabella, A. A. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 2(2), Article 2. https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/1319
Nurina, N., Oktavianti, P. R. M., Farida, F., Sopini, P., Jalil, A., Winata, A., Kusuma, H. W., Ansharuddin, M., Tanjung, A., & Lutfi, L. (2024). Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. https://repository.penerbiteureka.com/publications/569736/kewirausahaan-dan-ekonomi-kreatif
Oktaria, E. T., Anjeli, T., Bakti, U., & Alie, M. S. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Pengembangan Sdm Terhadap Kinerja Pegawai UPTD Puskesmas Gunung Sugih. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM), 13(2), Article 2. https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v13i2.15598
Oktaria, E. T., Hermansyah, H., Nugroho, Y. C., & Hairudin, H. (2024). Effect of Digital Payment System and Implementation of Sales Accounting Information System (SIA) on Sales Effectiveness and Efficiency at PT Sumber Alfariya Trijaya Tbk. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202404
Oktaria, E. T., Irvan, M., & Hairudin, H. (2022). The Effect of Recruitment and Compensation on Employee Performance at DAMRI Public Company Lampung Branch. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 14(3), Article 3. https://doi.org/10.47768/gema.v14i3.202201
Oktavianti, P. R. M. (2022). STRATEGI KEMASAN DAN KUALITAS PENYIARAN, TERHADAP LOYALITAS PEMIRSA TV ONE DAN METRO TV. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24967/ekombis.v7i2.1793
Oktavianti, P. R. M., Josiah, T., Novalia, N., Juwita, F., & Fahmi, R. B. (2023). PEMBUATAN JINGLE “KOTA BATU SEMANGAT BERSERI” SEBAGAI SARANA PEMERSATU DAN PROMOSI WISATA DESA KOTA BATU. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(01), Article 01. https://doi.org/10.24967/jams.v4i01.2429
Oktavianti, P. R. M., Loliyani, R., & Anugrah, A. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bakso Urip Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24967/jmms.v8i1.3059
Pahlawi, N., Alie, M. S., Hasbullah, H., Reny, A., Desmon, D., Cn, Y., & Indriyani, S. (2024). PENGARUH PEHAMAN LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN DIGITAL PAYMENT DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DIKOTA BANDAR LAMPUNG. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 722–733. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12644
Pirbadi, D. (2014). Pengaruh Product Quality, Service Quality, Image Terhadap Loyalty Melalui Satisfaction Pada Restoran Sunda Di Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(1). https://doi.org/10.25105/jmpj.v7i1.526
Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2004). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(2), 126–136. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.126
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
Putri, I. Y. G., Hairudin, & Loliyani, R. (2024). PENGARUH DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR SURYA MAXIMA PHOTOGRAPHY. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(5), Article 5. https://jurnalhost.com/index.php/jekma/article/view/1094
Rahayu, S. R., Mak’ibah, S., Sanjaya, V. F., & Metri, P. R. (2022). Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(01), Article 01. https://doi.org/10.57084/jmb.v3i01.740
Ramadhan, H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang). Skripsi, 1–81.
Ria, S., Hasbullah, H., & M, E. M. (2024). Pengaruh Harga Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kopi 49. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14588
Rohman, N. B. A., Wirdako, A., & Khalikussabir. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Damar Coffee Malang Oleh. E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 4(1), 98–112. www.fe.unisma.ac.id
Rolia, E., Karyus, A., Nugroho, Y. C., Fansuri, M., Sky, M. W., & Irawan, H. (2024). Health Promotion of Inclusive WASH Facilities on Outpatient Satisfaction. Community Research of Epidemiology (CORE), 105–118. https://doi.org/10.24252/corejournal.vi.47817
Rosid, A., Isabella, A. A., Hartoto, H., Siswantini, T., & Suharyati, S. (2024). Behavioral Finance In Decision Making: An Experimental Study Of Investor Bias And Indonesian Private Market Anomalies. Jurnal Ekonomi, 13(03), Article 03.
Santika, D., Suharyono, & Fanani, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 100–105.
Sari, P. N., & Isabella, A. A. (2024). AKUNTANSI PERBANKAN. https://repository.penerbitwidina.com/publications/568606/akuntansi-perbankan
Sari, P. N., Indriyani, S., & Isabella, A. A. (2023). Peningkatan Kesejahteraan UMKM Desa Mekar Sari Kabupaten Mesuji Melalui Strategi Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 289–295. https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/download/71/64
Septiana, P., Surya, A., Yudhinanto, Y., Hasbullah, H., Desmon, D., & Yulistina, Y. (2024). PENGARUH BEBAN KERJA, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. KERETA API INDONESIA DIVRE IV TANJUNG KARANG. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 688–695. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12629
SETIAWAN, A. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Dan Inovasi Produk Terhadap keputusan Pembelian Pada Mon Cherie Desserts Bar Bandung. https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/500
Sheppard, B. H., Hartwick, J., & Warshaw, P. R. (1988). The Theory of Reasoned Action: A Meta-Analysis of Past Research with Recommendations for Modifications and Future Research. Journal of Consumer Research, 15(3), 325. https://doi.org/10.1086/209170
Silvia, D., & Surya, A. (2023). Efektivitas pengendalian Internal, Whistleblowing System, dan Good Government Governance Terhadap Pencegahan Fraud Pengelolaan Dana Desa. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 468–473.
Situmorang, D., Anwar, A., & Isabella, A. A. (2022). THE EFFECT OF LAND AND BUILDING RIGHTS ACQUISITION DUTY (BPHTB) AND GROUNDWATER TAX ON REGIONAL INCOME OF BANDAR LAMPUNG CITY 2016-2020. Peradaban Journal of Economic and Business, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59001/pjeb.v1i1.3
Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., Sari, P. N., Mardianto, D., Nugroho, H., & Kesuma, T. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer. https://repository.penerbitwidina.com/publications/553220/manajemen-pemasaran-kontemporer
Surianti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Produk Floridina. Jurnal Investasi, 4(2), 14. https://doi.org/10.31943/investasi.v4i2.12
Surya, A. (2023). Navigating the Nexus: Exploring the Relationship between Intellectual Capital, Financial Performance, and Firm Value. Shirkah: Journal of Economics and Business, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.22515/shirkah.v8i3.648
Surya, A., & Silvia, D. (2022). The Influence of Communicatian and Emotional Intelligeence on Employee Performance. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.
Surya, A., Silvia, D., Yudhinanto, C. N., & Hardiant, A. (2023). The Role of Green Accounting and Share Ownership on Financial Performance. Proceedings of the International Conference on “Changing of Law: Business Law, Local Wisdom and Tourism Industry”(ICCLB 2023), 804, 120.
Surya, M., Reny, A., & Surya, A. (2023). The Contribution of Empowerment of Creative Economic Leading Sub-sectors on Increasing the Quantity of Creative Human Resources and Economic Growth in Lampung Province. Proceedings of the 2nd Multidisciplinary International Conference, MIC 2022, 12 November 2022, Semarang, Central Java, Indonesia.
Syarief, F., Kurniawan, A., Widodo, Z. D., Nugroho, H., Rimayanti, R., Siregar, E., Isabella, A. A., Fitriani, F., Kairupan, D. J., & Siregar, Z. H. (2022). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Widina.
Tamher, E. R., Tabelessy, W., & Tahapary, G. (2019). Atmosfer cafe pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan cafe pasir putih di kota Ambon. Jurnal Manajemen SOSO-Q, 7(2).
Tegowati, T., Martoatmodjo, G. W., Kalbuadi, A., Ismail, K., Idayati, F., Rukmana, A. Y., Oktavianti, P. R. M., Mufrihah, M., Rohmah, M., & Onoyi, N. J. (2024). Pengembangan Produk. https://repository.penerbiteureka.com/publications/568534/pengembangan-produk
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. In Yogyakarta Yogyakarta: Andi.
Umar, H. (2014). Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 1(2), 127. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v1i2.13
W.a, A. R. (2023). Strategic Performance Dynamics: Elucidating the Effect of Competitive and Growth Strategies on Companies. Shirkah: Journal of Economics and Business, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.22515/shirkah.v9i1.664
Wahyudi, A. N., Isabella, A. A., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Citra Abadi (CA) Bandar Lampung. Journal of Society Bridge, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59012/jsb.v1i3.16
Wigono, R. W. A., Wa, A. R., Hasbullah, H., Desmon, D., Nasir, M., & Yulistina, Y. (2024a). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK ASING DAN BANK NASIONAL DENGA MENGGUNAKAN RASIO KEUANGAN PADA PERIODE 2018-2023. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 696–706. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12642
Wigono, R. W. A., Wa, A. R., Hasbullah, H., Desmon, D., Nasir, M., & Yulistina, Y. (2024b). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK ASING DAN BANK NASIONAL DENGA MENGGUNAKAN RASIO KEUANGAN PADA PERIODE 2018-2023. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 696–706. https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12642
Yana, R. L., Loliyani, R., & Isabella, A. A. (2024). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Retensi Karyawan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cipta Karya Mandiri. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202406
Yana, R. L., Yani, R. L., & Enzovani, S. (2022). PENGARUH GAJI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ISTANA MOBILINDO KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.57084/bej.v3i2.880
Yani, R. L., Loliyana, R., Enzovani, S., & Qodri, L. (2024). The Mediating Role of Work Commitment on the Effect of Organizational Culture and Leadership on Employee Performance at Pt. Jaya Abadi Library. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.47768/gema.v16i1.202407
Yudhinanto, Y., & Oktaria, E. T. (2022). The Effect of Motivation on Employee Performance. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.
Yulistiani, H., Loliyani, R., & Bakti, U. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Patria Gadingrejo, Pringsewu. Journal of Society Bridge, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59012/jsb.v1i3.17
Yusda, D. D. (2023). Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Fudia Bakery Bandar Lampung. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 4(1).
DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1352
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1352.g1430
Refbacks
- There are currently no refbacks.