PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PENGOLAHAN IKAN ASIN IBU SYARIAH DI PULAU PASARAN

evi meidasari, Andi Surya, Anisya Nurstyani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga lokasi dan promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha mikro kecil menengah  pengolahan ikan asin di Pulau Pasaran. Sempel dalam penelitian ini adalah konsumen dari usaha mikro kecil menengah pengolahan ikan asin di Pulau Pasaran yang berjumlah 40 responden. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden dan data skunder dalam penelitian ini adalah laporan penjualan, produk hasil pengolahan ikan asin di Pulau Pasaran dan harga produk pengolahan ikan asin di Pulau Pasaran. Teknik analisis yang dilakukan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha mikra kecil menengah  pengolahan ikan asin di Pulau Pasaran.

Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Volume Penjualan


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin. (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Assauri, Sofjan. (2019). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Aryani, D. N., Yusda, D. D., Diwyarthi, N. D. M. S., & Setianti, Y. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2438-2443.

Budieli Hulu, et,.al. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Vol. No. 2 September 2021

Burhan, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa

Ferida Efriyanti Dan Olivia Wijaya. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Sangga Buana Seputih Banyak Lampung Tengah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Vol.6 No.2 April 2016

Gitosudarmo, Indriyo. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-2. Yogyakarta: BPFE

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IMB SPSS. Edisi Ke-7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media,Branding, Anggaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-12. Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung : Alfabeta

Swastha, Basu.(2020). Manajemen Penjualan. Edisi Ke-3.Yogyakarta :BPFE

Tjiptono, Fandy. (2015). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2020). Pemasaran, Edisi Ke-3. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Yusda, D. D. (2020). Analisis Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Emina Cosmetics Pada Konsumen Shine Glow Store Di Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1447

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1447.g1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.