Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di E -Commerce Lazada Dengan Islamic Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen yang Menggunakan E-Commerce Lazada)

Ridho Al Rizky, A Zuliansyah, Weny Rosilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di E-Commerce Lazada Dengan Islamic Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen yang Menggunakan E-Commerce Lazada). Adapun yang melatar belakangi peneletian ini adalah pengaruh celebritis terhadap kepurusan pembelian pada e-comers Lazada yang mengalami penurunan, dengan adanya celeberitis apakah akan perpengaruh terhadap minat beli barang di e-comers Lazada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data premier dan sekunder. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuesioner kepada masyarakt dan mahasiswa pengguna e-comers Lazada di lingkungan sukarame sebanyak 96 responden. Data yang terkumpul di analisis dengan metode analisis pada software SPSS. Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian melalui islamic branding di e-commerce Lazada. Dalam menerapkan celebrity endorser, islamic branding terhadap pengambilan keputusan pembelian di e-commerce Lazada harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti Tauhid, Keadilan, Tanggung Jawab dan Kebajikan (Kebaikan) Kata Kunci : Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Islamic Branding

Full Text:

PDF

References


Ardelia, Aya Sofia, and Anton Priyo Nugroho. 2019. “Pengaruh Islamic Branding Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Halal Pada Mahasiswi Di Yogyakarta.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8): 1–22.

Ayu S., Cyntia et al. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4(5): 1171–80.

Dewi, Retry. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 7(4): 409.

Hidayati, Dwi Alvin. 2018. “Analisis Pengaruh Islamic Branding Dan Nilai Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumen Muslim Dalam Pemilihan Hotel (Studi Kasus Pada Hotel Semesta Semarang).” Transcommunication 53(1): 1–8..

Idham lakoni1*), Arifah Hidayati2). 2022. “Hedonic Value, Pengalaman Berbelanja, Terhadap Minat Beli Situs Shopee Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening.” הארץ (8.5.2017): 2003–5.

Lazada, Perkembangan Lazada et al. 2014. “Perkembangan Lazada, Persaingan e-Commerce, Serta Upaya Pemasaran Lazada.” 2012(April 2016).

Murti, Baskoro Ndaru, and Yohanes Sugiarto. 2014. “Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas (Studi Pada Warga Kelurahan Banyumanik,Kecamatan Banyumanik).” Diponegoro Journal of Management 3(1): 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Nasrullah, Muhammad. 2015. “Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk.” Jurnal Hukum Islam 13(79): 79–87.

Prihanti, Dhea. 2021. “Pengaruh E-Service Quality, Islamic Branding, Dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus ….”

Rachman, Tahar. 2018. “Teori Signaling Dalam Akutansi.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Ragatirta, Laurensius Panji, and Erna Tiningrum. 2021. “Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Rown Division Surakarta).” Excellent 7(2): 143–52.

Rohmawati, Ita. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam 4(3): 277–90.

Sanjaya, Arwin. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Scarlet Whitening Di Kota Samarinda).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB 13(2): 2023.

Sukron, Ady Rony Muchammad. 2019. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Islamic Branding Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” IAIN Salatiga (63020150091): 1–121. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6166/.

Syahrul Amsari1), Windu Anggara2), Sudirman Suparmin3. 2023. “Point of View Islam Terhadap Fenomena Celebrity Endorsement Sebagai Daya Jual Produk Di Era Digital.” 9(02): 1849–58




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1511

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v5i1.1511.g1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.