STRATEGI PENGELOLAAN KONFLIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA TIM PT GAPURA ANGKASA DI YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT

Elsava Aulia Asmarani Prasetyanti, Fessy Febriyani Putri

Abstract


PT Gapura Angkasa menerapkan berbagai strategi manajemen konflik untuk meningkatkan kinerja tim di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi terbuka, pendekatan kolaboratif, pelatihan manajemen konflik dan mediasi pihak ketiga dapat diterapkan untuk menyelesaikan konflik yang muncul dalam operasional sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur dan penelitian dokumenter. Penelitian ini melakukan analisis data secara tematis. Temuan dari wawancara sumber dan analisis dokumen internal menunjukkan bahwa manajemen konflik yang efektif dapat meningkatkan kerja sama tim, mengurangi ketegangan dan meningkatkan efisiensi operasional. Strategi seperti komunikasi terbuka membantu menyelesaikan konflik secara proaktif, sementara pendekatan kolaboratif memungkinkan anggota tim untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, mengurangi frustrasi, dan menciptakan solusi yang adil. Pelatihan manajemen konflik juga membekali karyawan dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menangani konflik dengan profesionalisme, sementara mediasi pihak ketiga dapat menyelesaikan konflik yang kompleks secara efektif. Studi ini memperkuat teori bahwa konflik yang dikelola dengan baik dapat menjadi peluang untuk meningkatkan dan meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

 

Kata kunci: Kedisiplinan, Kinerja Tim, Manajemen Konflik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1704

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v6i1.1704.g1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.