Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah)

Karnila Ali

Abstract


Abstract

This type of research is quantitative and in this study uses descriptive analysis. Method to collect data in the field is by taking a sample of a population of 60 respondents in Lampung Art Project consumers. The requirements analysis test uses normality test, linearity test and homogeneity test. Testing the analysis model using multiple regression, partial test (t-test), simultaneous test (F-test), and coefficient of determination (R2), and statistical hypothesis test. Based on the results of research with multiple linear regression analysis with t-test obtained promotion  through  social  media  has  a  positive  and  significant  effect  on consumers’ decision to choose a wedding organizer, while word of mouth has a positive and not significant effect on consumers' decision to choose a wedding organizer. From the F-test obtained promotion through social media and word of mouth simultaneously give significant influence on the decision of consumers to choose a wedding organizer.

Keywords : Promotion through Social Media, Word of Mouth, Consumer Decisions


Full Text:

PDF

References


V. DAFTAR PUSTAKA

Aditya, Finnan. Suharyono dan Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang). Jurnal Manajemen Bisnis Vol 22, No.1

Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Belch, George E., Belch Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembelian. Bandung: Alfabeth.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi. Volume 16, Nomor 2. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Cetakan ke Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunnelius, Susan. 2013. 30-minute Social Media Marketing. United States (US): McGraw-Hill Companies.

Jamilah B, Najua. 2012. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cokelat Roso di Depok, Sleman, Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14th Edition. United States of America: Pearson.

Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktavianto, Yuda. 2013. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian: Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus Di Kota Batu. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 3, No 01.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Putrawan, I Made. 2017. Pengujian Hipotesis dalam Penelitian – Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rahayu, Puji dan Edward, Muhammad. (2014). E-JOURNAL Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax (studi pada mahasiswa kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya). UNESA.

Ronomenggolo, Sigit. 2013. Analisis Pengaruh Promosi Berbasis Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk ROVCA. Universitas Hasanuddin.

Schiffman, Leon G. Dan Kanuk, Leslie Lazar. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suharno dan Sutarso, Yudi. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumardy dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sumarni, Murti dan Soeprihanto, John. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.453

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.453.g386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.