ANALISIS RENCANA BISNIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN PADA USAHA DJAYIT KONVEKSI DI BANDAR LAMPUNG

Hepiana Patmarina, Dimas Adji Prakasa, Ardansyah Ardansyah

Abstract


ABSTRACT

 

The purpose of this study is to determine the business rencanaes that can be done to increase the competitiveness of the Convection Djayit Business in Bandar Lampung. The population of this research is Djayit Konveksi with competitors, namely Adeeva Konveksi, and Sunyin Konveksi. The sample in the study was the whole population, namely 3 respondents.

Sources of data are interview techniques and questionnaires to Djayit Konveksi in Bandar Lampung and competitors. The data collection method is primary data which is done by means of observation, documentation study and questionnaire. The method of analysis uses a SWOT analysis. The results of the cartesius diagram research, where Djayit Convection is in quadrant I, then the business strategy that can be implemented is the generic strategy. The rencanaes that can be carried out are: Low Cost Rencanaes (cost leadership), Differentiation Rencanaes, and Focus Rencanaes (focus)

Keywords: Competitiveness and Business Strategy.


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Afandi, P. 2018. Manajemen Teori, Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing: Riau

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anatan, Lina dan Lena Ellitan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis Modern. Bandung: Alfabeta

ARDANSYAH, A., Wulan, S. and Patmarina, H., 2017. Pengembangan Model Strategi Bisnis Pengusaha Keripik Di Kawasan Sentra Industri Keripik Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung. PENELITIAN MANDIRI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG.

Diyanti, Yulihar. 2018. Analisis SWOT sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Tahu di Desa Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Skripsi . Medan: Universitas Negeri Islam Sumatera Utara

Fayol, Henry. 2016. General and Industrial Management. London: Constance Storrs, Ravenoi Books

Ferdinand, A. 2003. Struktural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen.Badan Penerbit Univeritas Diponogoro

Freddy Rangkuti. 20014. ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta.:PTGramedia Pustaka Utama

Fred, R. David. 2016. ManajemenStrategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Edisi 15. Jakarta: Penerbit Selamba Empat

Fred, R. David. 2011. ManajemenStrategis Konsep. Edisi 12. Jakarta: Penerbit Selamba Empat

Frinces, Z. Heflin.2011. Persaingan & Daya saing: Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi. Jogjakarta: Mida Pustaka

Harapan, Aninda. 2017. Analisis Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing PT Srijaya Ciptagraha. Vol. 1 No 2. Jakarta: Universitas Tarumanegara

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakara: Bumi Aksara

Joewono. 2012. Pengertian perncanaan edisi 12 halaman 3

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT. Indeks

Luke, Yakobus. 2019. Analisis Strategi Bisnis Pada PT Galleon Cahaya Investama Untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Persaingan di Pasar . Vol. 3 No 3. Jakarta : Universitas Tarumanegara

Lukmandono. 2015. Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama

Maulina, Erna dan Meci Nilam Sari. 2017. Kebijakan Dan Strategi Bisnis Wanita Pengusaha: Studi Pada Usaha Kecantikan Salon Nadisse. Jurnal AdBispreneur Vol. 2 No.1

Muhardi. 2007. Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu

Patmarina, H., & Hentonto, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nathani Indonesia di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1).

Patmarina, H., & Erisna, N. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Produktivitas Kerja Perusahaan CV. Laut Selatan Jaya Di Bandar Lampung. Jurnal manajemen dan Bisnis, 3(1).

Patmarina, H. and Wiratama, M.F., 2016. Analisis Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2).

Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT CaraPerhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Reswanda. 2012. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha Pada UMKM Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor di Sidoarjo. Jurnal JEAM Vol. 11 No. 2




DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v2i1.643

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v2i1.643.g533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.