Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Bandar Lampung Sebagai Strategi Bertahan Selama Masa Pandemi
Abstract
Abstrak
Kurangnya mobilitas masyarakat sehingga menyebabkan menurunnya daya beli, dikarenakan peraturan pemerintah di masa Pandemi yang membuat UMKM harus membatasi kegiatan jual beli secara langsung. Riset ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalis bagaimana peran strategi pemasaran sebagai strategi bertahan UMKM di Kota Bandar Lampung selama masa pandemi Covid-19 Desain penelitian yang akan dipakai oleh peneliti ialah dengan pendekatan kualitatif. metode kualitatif dipakai ialah agar dapat memperoleh data serta informasi secara alami dan kaya, dan juga dapat mencari tahu secara mendalam terhadap pemasalahan yang diteliti.Berdasarkan hasil dari analisis SWOT, total perhitungan IFAS sebesar 3,55 dan EFAS sebesar 2,86 dari hasil tersebut diperoleh hasil bahwa UMKM di Kota Bandar Lampung pada Matriks Internal- Eksternal berada pada posisi Sel I (konsentrasi melalui integrasi vertikal). Dan, posisi UMKM di Kota Bandar Lampung pada Diagram Analisis SWOT berada pada posisi Kuadran I yaitu pertumbuhan dengan strategi agresif (Growth Oriented Strategy)
Kata Kunci : UMKM; Strategi Bauran Pemasaran; Analisis SWOT
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alkemega, S. (2016, May). The Effect of Services Quality on Satisfaction of Visitors Tourism in Recreation Park Mutun Beach Lampung. In International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG) (p. 114).
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo : Analisis Ekonomi Islam. Vol 4, No. 2, Juli-Desember 2020, 147-162.
Rosmadi, M. L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. /Jurnal IKRA- ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021, 122-127.
Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di.Masa Pandemi Covid-19.
Vol. 3 No.1 31Januari 2021, 206-217.
Yustianto, B. P., Barusman, A. R. P., & Barusman, T. M. (2018). strategi pemasaran kopi robusta berdasarkan analisa swot pada pt. benteng
wijaya perkasa. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 3(2), 49-66
DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v3i02.916
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jmb.v3i02.916.g786
Refbacks
- There are currently no refbacks.