Penyelesaian Sengketa Wanprestasi Asuransi Antara PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Dan Konsumen Atas Kerusakan Barang Yang Dikirim Melalui Jasa Pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Di Kota Bandar Lampung
Abstract
Abstrak
Pada dasarnya diciptakannya manusia adalah untuk menjadi pemimpin seluruh alam semesta. Perkembangan zaman yang semakin pesat terutama saat beraktivitas belanja membuat kegiatan mulai berubah dari awal Pembeli dan penjual harus bertemu tatap muka, mengubah tatap muka menjadi secara online. Dengan adanya perusahaan jasa pengiriman barang tentunya akan sangat memudahkan pekerjaan manusia, berkat faktor efisiensi yang ditawarkan oleh penyedia jasa pengiriman barang, seperti efisiensi waktu dan biaya. Penelitian ini membahas dua rumusan masalah yaitu yang pertama bagaimanakah penyelesaian sengketa wanprestasi asuransi antara PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan konsumen atas kerusakan barang yang dikirim melalui jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Bandar Lampung dan kedua bagaimanakah prosedur dan penerapan hukum perjanjian terhadap sengketa wanprestasi asuransi antara PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan konsumen atas kerusakan barang yang dikirim melalui jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Bandar Lampung. Dengan mengunakan metode penelitian pendekatan secara yuridis normatif dan yuridis empiris. Bahwa dalam peyelesaian sengketa wanpestasi maka dapat diseselsaikan melalui jalur litigasi dan Non-Litigasidan untuk prosedur terhadap sengketa anatar PT JNE dan konsumen.
Kata Kunci: Asuransi, Wanprestasi, Kerusakan Barang
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Abdillah, Hamdi, ‘Urgensi Pendidikan Bagi Kepemimpinan’, Journal of Islamic Education 4, 1 (2022), 81–94
Bakti, Umar, Hairudin Hairudin, and Maria Septijantini Alie, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung’, JURNAL EKONOMI, 22.1 (2020), 101–18
Bakti, Umar, Hairudin Hairudin, and Peri Edi Saputra, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penjualan Pada Ramayana Mall Lampung’, Strategic: Journal of Management Sciences, 2.3 (2022), 96–107
Bakti, Umar, Hairudin Hairudin, and Robi Setiawan, ‘Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha Putera Langkapura’, Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1.1 (2021), 1–16
Dharmawan, Dio, ‘Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Perjanjian Jasa Pengiriman Barang’, 21-06–2020, 2020, 1
Djoko Prakoso. dan I. Ketut Murtika, No Title, Hukum Asuransi Indonesia (Jakarta: Bina Aksara, 2020)
Ketut Braditya Pradnyana Putra, Dewa Gde Rudy, ‘Tanggung Jawab Penyedia Jasa Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Atas Keterlambatan Barang Ditinjau Dari Hukum Perlindungan Konsumen’, 2019, 3
Martinouva, Rissa Afni, Dina Haryati Sukardi, and Satrio Nur Hadi, ‘Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Layanan Pemesanan Makanan Melalui Ojek Online Di Bandar Lampung’, Jurnal Supremasi, 11.1 (2021), 70–78
Nadriana, Lenny, and Elti Yunani, ‘Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Hilangnya Hak Istri Dan Anak Akibat Pernikahan Siri’, 02.01 (2023), 27–35
Satrio, J, Wanprestasi Menurut KUHPerdata, Doktrin Dan Yurisprudensi (Jakarta: PT Cita Adya Bakti, 2021)
Sukardi, Dina Haryati, and Yonnawati Yonnawati, ‘Peranan Filsafat Hukum Dalam Pembaharuan Hukum Perdata Formil Dan Materiil’, Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum, 7.2 (2022), 221–34
Waluyo, Bambang, Metode Penelitian Hukum (Jakarta: Sinar Grafika, 1996)
Yodo, Ahmadi Miru dan Sutarman, Hukum Perlindungan Konsumen, Cetakan Ke (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004)
Zanariyah, Sri, ‘Tanggung Jawab Perusahaan Pengangkutan Barang Yang Dikirim Melalui Perusahaan Jasa Penitipan Barang Titipan Kilat’, Reponsitory Saburai, 3 (2022), 78–88
DOI: https://doi.org/10.57084/jpj.v4i1.1059
DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jpj.v4i1.1059.g911
Refbacks
- There are currently no refbacks.