Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kualita pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan Ojek online maxim pada mahasiswa Febi angkatan 2019-2020

Nurul Faqo Islamudin

Abstract


Salah satu kunci keberhasilan perusahaan dibutuhkan sumber daya yang proaktif.Pentingnya pengaruh komunikasi Pemsaran pada perusahaan berperan menumbuhkansuatu ikatan yang terjadi pada pelanggan. Kurangnya tingkat Loyalitas Pelanggan,Banyaknya komplain atau keluhan dari pelanggan membuat pelanggan kurang puas ataubahkan tidak puas dengan aplikasi maxim..Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitiankepustakaan (library research) dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif denganJumlah Sampel 100 Mahasiswa Febi Angakatan 2019-2020. Pengumpulan datamenggunakan wawancara, dokumen dan kuesioner, kuesioner disebarkan melalui googleform dengan pertanyaan dan pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Penelitian inimenggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square(PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komuniksi Pemasaran danKualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap LoyalitasPelanggan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel KomunikasiPemasaran dan Kualitas Pelayanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruhsignifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Perspektif Ekonomi Islam memandang bahwaLoyalitas Pelanggan merupakan suatu produk atau jasa ditentukan oleh kepuasan atauketidakpuasan akan suatu produk sebagai akhir dari proses penjualan. Konsep loyalitaspelanggan lebih banyak diartikan dengan perilaku daripada sikap. Salah satu sikap positifpelanggan dapat ditunjukan melalui setia kepada produk perusahaan danmerekomendasikan produk tersebut kepada pihak lain. Memuculkan rasa loyalitas dalammelaksanakan tugasnya sesungguhnya dirahmati Allah SWT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v5i1.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.