Pengaruh Overconfidence Dan Herding Bias Terhadap Keputusan Investasi Pasar Modal (Studi Pada Generasi Milenial Di Bandar Lampung)

Maudi Handayani, Weny Rosilawati

Abstract


Dalam melakukan investasi, tentunya para investor mengharapkan return atau keuntungan yang besar. Tetapi, tak jarang dari generasi milenial memiliki kepribadian yang terlalu percaya dengan dirinya sendiri secara berlebih atau overconfidence dan juga memiliki perilaku mengikuti orang lain atau bisa disebut herding bias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh overconfidence dan herding bias terhadap keputusan investasi pasar modal dalam perspektif bisnis islam.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis SPSS

25. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung, dan sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung dengan rentan usia 23-40 tahun dengan jumlah 96 responden.

Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada di kota bandar lampung. Dengan nilai sig < 0,05. Hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada generasi milenial dikota bandar lampung dengan Thitung > Ttabel.


Full Text:

PDF

References


Afriani & Halmawati, dan Qasim, Theressa And Armansyah, “Pengaruh Herding, Overconfidence,

Aminatun Nisa, “Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesuma Negara),” Jurnal Penelitian Teori Dan Terapan Akuntansi (PETA) 2, No. 2 (2017): 22–35.

Atiqoturrosyidah Humairo, “Overconfidence, Loss Aversion, Dan Herding Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pasar Modal Pada Generasi Z,” 2023.

Chandra Kurniawan, “Pengaruh Investasi Terhadap Perekonomian Indonesia,” Jurnal Media Wahana Ekonomika 12, No. 4 (2016).

Faizal Huda Ramadhan, “Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Investasi Syariaht Terhadap Minat Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Gen Z Di Kota Bogor,” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4, no. 3 (2023): 719–34.

Juniantasari Vira, “Pengaruh Risk Tolerance, Overconfidence Dan Motivasi Terhadap Keputusan Investasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Galeri Investasi Syariah Uin Raden Intan Lampung)” (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2022).

Kustodian Sentral Efek Indonesia, Rasmi M Ramyakim, and Adisty Widyasari, “Didominasi Milenial Dan Gen Z, Jumlah Investor Saham Tembus 4 Juta,” Kustodian Sentral Efek Indonesia 1 (2022).

Nasruddin Nasruddin, Nur Wahyu Ningsih, And Weny Rosilawati, “Implementasi Asnaf Zakat Dalam Pendistribusian Aset Zakat Berbasis Pemerataan Dan Keadilan,” Jurnal Akuntansi Dan Pajak 23, No. 1 (2022).

Pradikasari dan Isbanah, Ramadani, “Analisis Fundamental, Deviden, Overconfidence Dan Promosi Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal.”

Raphael Vivaldo Sugianto, “Pengaruh Self-Congruity, Curiosity, Dan Shopping Well- Being Terhadap Pola Konsumsi Fast Fashion Pada Generasi Millennial Di Surabaya,”Agora 6, no. 1 (2018).

Salsabiila Nur Aziizah, Ahmad Zuliansyah, And Weny Rosilawati, “Pengaruh Perceived Organizational Support (POS) Dan Work Stress Terhadap Munculnya Perilaku Kontraproduktif Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan PT. Gula Putih Mataram Di Lampung Tengah),” Target: Jurnal Manajemen Bisnis 5, No. 1 (2023): 65–78.

Setiawan, Theressa And Armansyah, “Pengaruh Herding, Overconfidence, Dan Endowment Bias Pada Keputusan Investasi Investor Pasar Modal.”

Titin Salasiah, “Analisis Pengaruh Overconfidence Dan Herding Terhadap Keputusan Investasi Investor Di Kota Pontianak” (Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2021).

Wulandari dan Iramani, Soleha, “Overconfidence, Risk Tolerance, Dan Pertimbangan Faktor Fundamental Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Di Pasar Modal Dan Endowment Bias Pada Keputusan Investasi Investor Pasar Modal.”




DOI: https://doi.org/10.57084/bej.v5i1.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.